Minggu, 22 Oktober 2017 |
News Room

Pekerja Proyek Temukan Lorong Bawah Tanah di Pasar Lama Kota Serang

Jumat, 25 Nov 2016 | 23:59 WIB Dibaca: 12818 Pengunjung

Warga penasaran melihat lubang diduga lorong bawah tanah peninggalan kolonial Belanda di lokasi proyek drainase di Pasar Lama, Kota Serang.*

SERANG [NEWSmedia] - Sebuah lubang menyerupai pintu kecil ditemukan oleh pekerja proyek pembuatan drainase di Jalan Maulana Hasanudin, Pasar Lama, Kota Serang. Lubang tersebut diduga lorong bawah tanah bekas peninggalan masa kolonial Belanda.

Lorong bawah itu ditemukan saat pekerja proyek melakukan penggalian di kedalaman 15 meter. Temuan bangunan berbentuk seperti pintu berukuran kecil itu menjadi tontonan warga. Tidak sedikit pengendara yang penasaran ingin melihat lubang di tempat galian drainase tersebut.

Temuan itu juga menjadi perbincangan di media sosial. Dalam sebuah akun facebook, Iwan Subakti warga Serang yang tinggal dekat lokasi tersebut mengatakan, kemungkinan lubang itu adalah saluran pembuangan.

"Karena drainage (drainase-red) Kota Serang atasnya di Baros, kemudian turun ke Kedalingan dibagi ke arah stasiun dan karesidenan . Semua mengarah ke Kali Banten di sekitaran Calung serta Lopang," tulis Iwan mengomentari postingan foto lokasi ditemukannya lubang.

Iwan juga mengatakan, di depan rumahnya (Jalan Diponegoro) dulu ada saluran besar, lebarnya sekitar 2 meter dengan kedalaman 2 meter. Namun sekitar tahun 1970-1975, saluran itu tidak dipakai lagi, diganti selokan kecil depan kantor Pegadaian Serang Diponegoro.

"Sekitar tahun 1978-1980 saya blusukan Kali Banten, terutama sekitar belakang karesidenan. Banyak gua-gua kecil sekitaran jalur itu," ungkapnya.

Netizen lain bernama Gelar Ya Ucie ikut berkomentar. "Apakah terowongan ini yang diceritakan kakek saya bahwa ada terowongan bawah tanah dari Banten Girang Sempu petilasan KIMASJONG AGUSJU tembus ke Banten Lama Kesultanan Banten," tulisnya.

Lokasi ditemukannya lorong di bawah tanah ini memang berada di jalur yang searah dengan jalan menuju Banten Lama. Belum diketahui secara pasti lorong kecil yang ditemukan di lokasi ini.

Petugas Balai Cagar Budaya sudah melakukan perekaman data di lokasi. Dugaan sementara, lubang ini peninggalan gorong-gorong masa kolonial Belanda Serang. Peneliti juga sedang melakukan penelitian di laboratorium terkait material yang didapatkan dari lokasi tersebut.

"Nanti kemungkinan hasilnya dapat kita sampaikan Senin mendatang," kata Kepala Bidang Perlindungan Balai Cagar Budaya Serang, Julyadi, Jumat (25/11/2016).

Yusuf, salah seorang warga setempat mengatakan, pembuatan drainase lantaran lokasi ini sering banjir, karena gorong-gorong yang membuat saluran kali dari arah Benggala menuju Kali Banten tersumbat.

"Di sini itu sering banjir, makanya dikeruk oleh pemerintah. Harusnya kan kali yang mengalir dari arah Benggala itu langsung menuju Kali Banten tapi ini malah macet di Pasar Lama," kata Yusuf. [ifal]

Penulis: Syarifal Fahlevi
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Pekerja Proyek Temukan Lorong Bawah Tanah di Pasar Lama Kota Serang

BERITA TERKAIT

Top