Jumat, 14 Desember 2018 |
News Room - Politik

PDI-P Banten Target Bisa Penuhi Kuota Pencalonan Eksklutif di Pemilu 2019

Senin, 16 Apr 2018 | 18:22 WIB Dibaca: 352 Pengunjung

Ketua DPD PDI-Perjuangan Provinsi Banten, Asep Rahmatullah beserta jajaran saat jumpa pers di Kantor DPD PDI-P Provinsi Banten, Senin (16/4/2018).*

SERANG, [NEWSmedia] - Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPD PDI-P) Provinsi Banten menargetkan peningkatan kursi untuk DPR RI pada pelaksanaan Pemilu 2019.

Ketua DPD PDI-Perjuangan Provinsi Banten, Asep Rahmatullah mengatakan, jika sebelumnya kader PDI-P yang duduk di DPR RI sejumlah 4 kursi, namun pada Pemilu 2019, dirinya menargetkan ada peningkatan.

"Kader partai di daerah harus bekerja sama untuk meningkatkan kursi dari sebelumnya 4 kursi, tapi untuk Pemilu 2019 maksimal 6 kursi dan minimal 5 kursi, jadi ada peningkatan," kata Asep saat jumpa pers di Kantor DPD PDI-P Provinsi Banten, Ciracas, Kota Serang, Senin (16/4/2018).

Ia menuturkan, selain target di DPR RI, pihaknya juga menargetkan setiap kabupaten/ kota bisa memenuhi syarat untuk bisa mencalonkan sebagai kepala daerah.

"Target disetiap cabang kita peroleh kursi memenuhi kuota ketika kita ingin mencalonkan eksekutif, kalau Provinsi Banten berarti sekitar 18 kursi, Kota Serang 8 kursi, itu paling minimal," tuturnya.

Buka Pendaftaran Caleg di Pemilu 2019

Selain itu, ia juga menjelaskan, pihaknya membuka pintu selebar-lebarnya bagi putra-putri terbaik Banten yang ingin mencalonkan diri menjadi anggota DPR RI, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/ kota pada Pemilu 2019.

"Berdasarkan hasil Rakerdasus pada 18 April 2018, PDI-Perjuangan ingin mengundang masyarakat, baik pemuda-pemudi, profesional, politisi untuk mengisi ruang mencapai kekuasaan secara konstitusional dari tingkat pusat sampai daerah," jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris DPD PDI-Perjuangan Provinsi Banten, Ananta Wahana mengaku, berdasarkan peraturan organisasi nomor 25a tahun 2018 tentang rekrutmen anggota partai, ada beberapa syarat khusus yang harus ditempuh bagi calon legislatif dari PDI-Perjuangan.

"Yang jelas para calon, ketika mengambil formulir tidak dipungut biaya, tetapi yang bersangkutan harus mengisi formulir yang disediakan di sekretariat, yang paling utama adalah bahwa calon legislatif tidak terlibat kongres PDI-P Medan dan Palu, juga harus mengikuti pendidikan kader, Pratama untuk kabupaten/ kota, pendidikan kader tingkat madya untuk Provinsi dan DPR RI harus kaderisasi tingkat utama," terangnya.

Ia juga menegaskan, pemdaftaran tersebut akan berlangsung selama tujuh hari dengan tempat pendaftaran di masing-masing kantor DPC dan DPD PDI-Perjuangan.

"PDI-P ynag menyusun kewenangan, ada DPC DPD dan DPP, masing-masing diberi kewenangan tersendiri, nanti anda tahapan penjaringan, penyaringan dan pengesahan, khusus untuk DPR RI kewenangan akan menjadi 100 di pusat, kewenangan kami hanya menjaring," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

PDI-P Banten Target Bisa Penuhi Kuota Pencalonan Eksklutif di Pemilu 2019
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top