Minggu, 24 Maret 2019 |
News Room

PB HMI Soroti Penggunaan Baja untuk Pembangunan Infrastruktur Tidak Standar Nasional

Kamis, 14 Mar 2019 | 15:16 WIB Dibaca: 176 Pengunjung

Robi Syahrir, Ketua Bidang PB HMI.*

JAKARTA, [NEWSmedia] - Pengurus Besar (PB) Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) meminta pemerintah untuk menghentikan dan memperketat regulasi impor baja. Pasalnya baja yang dipakai untuk pembangunan infrastruktur di Indonesia menggunakan baja impor dan diduga tidak sesuai standar.

“Setelah mendapatkan informasi dan data dari beberapa pihak beberapa waktu terakhir terkait beredarnya baja impor berkualitas rendah dan tidak sesuai dengan Standar Nasional Indonesia serta tidak ada jaminan bahwa produk tersebut ramah lingkungan. Hal ini kami nilai cukup membahayakan di tengah gencarnya pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan oleh pemerintaham Jokowi-JK,” kata Robi Syahrir, Ketua Bidang PB Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) pada Rabu (14/3/2019) di Jakarta.

Robi juga mengatakan pemerintah harus memastikan bahan baku untuk pembangunan infrastruktur di seluruh Indonesia agar menggunakan produk yang sesuai standar dan merupakan komoditas dalam negeri.

Hal itu untuk menjamin pembangunan infrastruktur supaya berdampak sistematis bagi kesejahteraan rakyat dan dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan

“Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian hendaknya mendukung penuh industri baja dalam negeri agar berjaya di pasar lokal dan berdaya saing secara global," tutur Robi.

Yang terpenting lagi, lanjut Robi, Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup juga harus memastikan semua produksi baja dalam negeri tidak berdampak negatif terhadap lingkungan dan harus memenuhi syarat-syarat produksi ramah lingkungan dan prinsip-prinsip sustainable bussines.

Menurutnya, masukan yang diberikan kepada pemerintah merupakan bentuk komitmen HMI untuk mengawal sembilan resolusi pengelolaan lingkungan hidup untuk Indonesia maju, berdaulat, berkeadilan dan berkelanjutan.

“Kita sangat mendukung pemerintah untuk memperjuangkan komoditas unggulan dalam negeri agar berjaya di pasar lokal dan berdayasaing di pasar global,” tukas Robi Syahrir. [rls]

Editor: Arif Darma
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

PB HMI Soroti Penggunaan Baja untuk Pembangunan Infrastruktur Tidak Standar Nasional
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top