Jumat, 30 Oktober 2020 |
News Room

Patut Ditiru! Warga Serahkan Satwa Dilindungi ke BKSDA Banten

Kamis, 20 Apr 2017 | 20:48 WIB Dibaca: 1074 Pengunjung

Gojali warga Kampung Pematangkupa, Desa Luwuk, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Serang, menyerahkan Surili ke petugas BKSDA, Kamis (20/4/2017).

SERANG, [NEWSmedia] - Perbuatan salah seorang warga di Kampung Pematangkupa RT 002/ RW 001, Desa Luwuk, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Serang, selayaknya patut ditiru.

Gojali, secara sukarela menyerahkan seekor Surili (Presbytis comata), satwa yang dilindungi dan dikenal sebagai kerabat dekat lutung, yang dipeliharanya sejak bayi hingga berumur dua tahun ke petugas Gugus Tugas Evakuasi dan Penyelamatan TSL SKW 1 Serang, Bidwil 1 BBKSDA Jawa Barat, Kamis (20/4/2017).

Penyerahan primata yang dilindungi dan hampir punah tersebut, langsung diterima oleh Kepala BKSDA Banten, Andre Ginson sekitar pukul 08.00 WIB di kediaman Gojali.

Menurut Gojali, Surili yang sekarang umurnya dua tahun tersebut didapat dari Cagar Alam Rawa Danau, dan dipelihara dari anakkan.

"Saya memelihara surili ini sejak masih anakkan," ujarnya.

Sementara, Kepala BKSDA Banten, Andre Ginson mengatakan, bahwa satwa tersebut akan dirawat dan dititipkan di Lembaga Konservasi Animal Sanctuary Trust Indonesia (ASTI) di Bogor, sebelum dilepas ke habitat aslinya.

"Satwa itu sebelum di lepas liarkan kita titip dulu," jelasnya.

Pihak BKSDA sendiri berharap, agar warga lain juga dapat bertindak sama dengan apa yang dilakukan oleh Gojali.

"Artinya bekerjasama untuk menyerahkan hewan atau satwa yang dilindungi kepada kami,” ucap Andre.

Dari beberapa sumber dinyatakan Surili Jawa (Presbytis comata) adalah spesies monyet dunia lama terancam yang endemik pada sebagian pulau Jawa. Hewan ini menyukai hutan primer dan penghuni pohon (arboreal).

Terdapat dua subspesies surili jawa: Presbytis comata comata yang ditemukan di Jawa Barat dan Presbytis comata fredericae yang menghuni hutan Jawa Tengah. [NM]

Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Patut Ditiru! Warga Serahkan Satwa Dilindungi ke BKSDA Banten
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top