Kamis, 25 April 2019 |
News Room - Peristiwa

Pasca Teror Christchurch, Indonesia Fasilitasi Perjalanan Keluarga WNI Korban Serangan ke Selandia Baru

Senin, 18 Mar 2019 | 17:24 WIB Dibaca: 177 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Kementerian Luar Negeri RI akan memfasilitasi keluarga dari warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban dalam aksi teror di dua masjid di Christchurch untuk bertolak ke Selandia Baru.

Sebagaimana diketahui, tiga WNI menjadi korban dalam serangan teroris yang menewaskan 50 nyawa tersebut. Satu orang korban atas nama Lilik Abdul Hamid tewas dalam penembakan di Masjid Al Noor, sementara dua WNI lain, atas nama Zulfirman Syah dan anaknya terluka dalam insiden di Masjid Linwood.

“Kementerian Luar Negeri saat ini sedang membantu keluarga dari baik Bapak Lilik mau pun Bapak Zulfirman Syah yang ada di Indonesia untuk ke Selandia Baru. Kementerian Luar Negeri bekerja sama dengan kedubes Selandia Baru di sini untuk memfasilitasi dokumen perjalanan dan visanya,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Arrmanatha Nasir, Senin (18/3/2019).

Mengenai pengurusan jenazah WNI yang tewas dalam penembakan, Lilik Abdul Hamid, Arrmanatha mengatakan bahwa hal itu tergantung kepada keputusan keluarga Lilik.

“jenazah dari korban WNI tergantung dari keinginan keluarga. Mereka sudah lama tinggal di Selandia Baru, tentunya bergantung pada apa yang diinginkan keluarga,” jelas Arrmanatha.

Berdasarkan laporan Kementerian Luar Negeri RI, delapan orang berada di dua masjid di Christchurch dan Linwood saat penembakan terjadi, yang terdiri dari enam orang di Masjid Al Noor dan dua di Masjid Linwood. Selain Lilik Abdul Hamid yang tewas dan dua korban luka-luka, lima WNI lainnya dilaporkan dalam keadaan selamat.

Indonesia telah menyatakan mengecam aksi teroris di Christchurch dan menyampaikan ungkapan belasungkawa kepada korban dan keluarga para korban. [okz]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Pasca Teror Christchurch, Indonesia Fasilitasi Perjalanan Keluarga WNI Korban Serangan ke Selandia Baru
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top