Kamis, 13 Agustus 2020 |
News Room - Politik

Pasca Putusan MK, KPU Banten Akan Langsung Lakukan Rapat Pleno

Selasa, 04 Apr 2017 | 18:27 WIB Dibaca: 1007 Pengunjung

Ketua KPU Banten, Agus Supriyatna saat di wawancara usai putusan MK di Gedung Mahkamah Konstitusi Jakarta, Selasa (4/4/2017).

JAKARTA, [NEWSmedia] - Setelah Mahkamah Konstitusi (MK) menolak permohonan gugatan pasangan cagub-cawagub Rano-Embay, KPU Provinsi Banten akan melakukan rapat pleno penetapan cagub dan cawagub Banten terpilih di Kantor KPU Banten yang diagendakan akan dilaksanakan pada Rabu (5/4/2017).

Ketua KPU Provinsi Banten, Agus Supriyatna mengatakan, sesuai dengan PKPU nomor 11 tahun 2015 tentang rekapitulasi penghitungan suara, pasal 54, setelah menerima putusan dari MK, pihaknya akan melakukan Rapat Pleno Penetapan cagub dan cawagub Banten terpilih sesuai dengan putusan MK.

"Rencananya dikantor KPU Banten jam 14.00 WIB, yang akan kita undang semua paslon, pimpinan parpol, Bawaslu, Panwaslu kabupaten/kota, KPU kabupaten/ kota, pemantau Pilkada dan juga stekholder yang lain seperti Pj. Gubernur, Kapolda Danrem dan yg lainnya karena pleno ini terbuka jadi akan kita undang semuanya," kata Agus di Mahkamah Konstitusi Jakarta, Selasa (4/4/2017).

Ia mengatakan, sesuai UU nomor 10 tahun 2016, setelah melakukan rapat pleno, pihaknya akan menyampaikan SK penetapan calon terpilih ke DPRD Banten dan ke Penjabat Gubernur Banten, yang akan ditindak lanjuti dan disampaikan kepada Presiden melalui Kemendagri untuk diurus surat keputusan dan pengangkatan Gubernur Banten.

"SK penetapan diserahkan paling lambat tiga hari setelah penetapan," katanya.

Untuk persoalan pelantikan, lanjut Agus, pihaknya akan menyerahkan seluruhnya kepada pemerintah pusat, sebab KPU Banten hanya mempunyai kewenangan untuk melaksanakan Pilkada.

"Kalau pelantikan itu urusan Kemendagri, karena tugas KPU hanya menyelenggarakan Pilkada dan pelantikan diserahkan ke Kemendagri dan akan dilantik oleh Presiden," pungkasnya. [Ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Pasca Putusan MK, KPU Banten Akan Langsung Lakukan Rapat Pleno
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top