Rabu, 14 November 2018 |
News Room

Pandeglang Jadi Salah Satu Tempat Uji Coba Peringatan Dini Tsunami

Rabu, 05 Sept 2018 | 13:37 WIB Dibaca: 148 Pengunjung

BMKG.*

JAKARTA, [NEWSmedia] - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengadakan kegiatan India Ocean Tsunami Wave Excercise (IOWave18).

IOWave18 merupakan latihan peringatan dini terjadinya tsunami untuk memastikan rantai informasi gempa sampai ke masyarakat dengan lancar. 

"Tentunya kita akan uji sistem mulai dari proses diseminasi, kemudian juga uji SOP ada kendala atau tidak. Tidak hanya di sini, tapi SOP di BPBD dilaksanakan atau tidak," kata Kepala Pusat Gempa Bumi BMKG Rahmat Triyono dalam jumpa pers di BMKG, Jalan Angkasa 1, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (5/9/2018).

Ia mengatakan, simulasi peringatan dini tersebut dilakukan serentak di 12 lokasi, yakni Jakarta, Banda Aceh, Aceh Barat, Aceh Selatan, Sibolga, Nias, Padang Pariaman, Pandeglang, Pangandaran, Yogyakarta, Pacitan, dan Bantul.

"Simulasi ini dilakukan dengan dua skenario.Pertama yang dilakukan Selasa (4/9) adalah terjadinya gempa bumi berkekuatan 9,0 di Makran Iran. Lalu skenario kedua pada Rabu (5/9) yakni gempa bumi berkekuatan 9,3 di Sunda Trench," jelasnya.

Ia menuturkan, informasi yang disimulasikan tersebut juga dikirim ke BPBD agar merespons informasi atau warning tersebut, walaupun hanya skenario.

"Apakah ditindaklanjuti oleh BPBD atau tidak. Ternyata ya berjalan dengan lancar," jelas Rahmat. 

Ia juga menegaskan, pihaknya akan mengevaluasi sistem dari simulasi tersebut jika sistem mengalami kelemahan, akan diperbaiki agar peringatan dini cepat sampai ke masyarakat. 

"Nanti dievaluasi apakah ada kelemahan di dalam SOP di masing-masing BPBD. Tentunya semua harus bersinergi dari pusat informasi sampai daerah, dari daerah juga sampai ke masyarakat," pungkasnya. [dtk]

Editor: Ahmad Hifni
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Pandeglang Jadi Salah Satu Tempat Uji Coba Peringatan Dini Tsunami
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top