Kamis, 15 November 2018 |
Kesehatan - News Gallery

Pakai Obat Tetes Mata Dalam Waktu Lama, Ini Bahayanya

Minggu, 04 Nov 2018 | 06:31 WIB Dibaca: 203 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Masyarakat sudah tak awam lagi dengan penggunaan obat tetes mata untuk membuat kondisi mata menjadi lebih baik. Tak sedikit juga kondisi mata kering yang akhirnya kembali membaik dengan pemakaian obat tetes mata tersebut.

Tetapi, obat tetes mata tak melulu memberikan manfaat baik. Apalagi jika digunakan dalam waktu terlalu lama.

"Fungsinya kan untuk mengecilkan pembuluh darah pada mata. Apabila obat tetes mata dipakai dalam jangka panjang, otot mata malah melebar terus menerus," ujar spesialis mata, dr Rina La Distia Nora. SpM(K), PhD, ditemui di kawasan Menteng, Jakarta.

Menurutnya, saat pembuluh darah mata mengecil, mata bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Namun, ketika otot mata cenderung melebar terus menerus, bisa memicu bahaya pada fungsi penglihatan mata.

"Obat tetes mata yang dipakai terus menerus bisa memicu mata menjadi merah. Kalau dibiarkan lagi bisa memicu bahaya lain," ujarnya.

Maka dari itu, dokter Rina menegaskan agar pemakaian obat tetes mata bisa dipakai sesuai kegunaannya saja dan tidak sembarangan digunakan. Terlebih, pemakaiannya ada batas waktu yang perlu dipahami oleh masyàrakat.

"Obat tetes mata itu baik dipakai di awal yaitu mulai dari 3 hari pertama sampai satu minggu. Selebihnya, hentikan pemakaian dan konsultasi ke dokter,” ujarnya. [viva]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

LAINNYA

Kenali 10 Tanda Gagal Ginjal Kronis pada Anak
Kamis, 15 Nov 2018 | 06:31 WIB
Kenali 10 Tanda Gagal Ginjal Kronis pada Anak

KOMENTAR

Pakai Obat Tetes Mata Dalam Waktu Lama, Ini Bahayanya

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top