Minggu, 27 Mei 2018 |
News Room - Exciting Banten

Padang Penggembalaan Cidaon, Tempat Berkumpulnya Hewan di Ujung Kulon

Selasa, 03 Okt 2017 | 16:01 WIB Dibaca: 605 Pengunjung

Padang Penggembalaan Cidaon yang ada di TNUK Kabupaten Pandeglang, Banten. (Foto: Ahi).

PANDEGLANG, [NEWSmedia] - Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) merupakan salah satu kawasan konservasi di Indonesia yang menyimpan keanekaragaman hayati yang tinggi.

Salah satunya adalah badak Jawa, yang di dunia ini hanya hidup di taman Nasional Ujung Kulon, Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten.

Selain Badak Jawa, di TNUK juga ada beberapa hewan yang sering dijumpai oleh para pengunjung, di antaranya banteng, babi hutan, kera ekor panjang, rusa, ayam merak hijau, burung rangkong dan lain sebagainya.

Dari 38.000 hektar luas semenanjung Ujung Kulon, ada satu tempat yang biasa didatangi oleh hewan-hewan tersebut sekedar untuk mencari makan, tempat itu bernama 'Padang Penggembalaan Cidaon'.

Di Padang Pengembalaan Cidaon yang luasnya mencapai sembilan hektar itu, biasanya hewan yang sering dijumpai adalah Badak atau Bos Javanicus.

Biasanya, banteng mencari makan di tempat tersebut pagi hari, antara pukul 06.00-09.00 WIB dan sore hari antara pukul 16.00-18.00 WlB.

Banteng yang sering mengunjungi Padang itu memiliki tubuh yang tegap, besar dan kuat dengan bahu bagian depannya lebih tinggi dari pada bagian belakang tubuhnya dan dibagikan kepalanya, terdapat sepasang tanduk.

Banteng jantan mempunyai warna tubuh hitam, semakin tua umurnya semakin hitam warna tubuhnya, tanduknya berwarna hitam mengkilap, runcing dan melengkung ke arah medio anterior.

"Tapi kalau pengunjung semakin masuk ke dalam (Padang Penggembalaan), biasanya banteng susah ditemui, mungkin karena takut," kata Kepala Balai TNUK, U. Mamat Rahmat beberapa waktu lalu.

Selain satwa, ada juga bunga ungu dari pohon bungur yang indah, yang menjadi salah satu daya tarik tersendiri di musim hujan dan biasanya berbunga pada bulan Oktober sampai Desember. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

LAINNYA

Ribuan Pesantren di Banten Diguyur Rp20 Juta
Sabtu, 26 Mei 2018 | 11:29 WIB
Ribuan Pesantren di Banten Diguyur Rp20 Juta
Cek Harga Bahan Pangan Jelang Akhir Pekan
Sabtu, 26 Mei 2018 | 07:05 WIB
Cek Harga Bahan Pangan Jelang Akhir Pekan

KOMENTAR

Padang Penggembalaan Cidaon, Tempat Berkumpulnya Hewan di Ujung Kulon

BERITA TERKAIT

POLRES SERANG KOTA NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top