Sabtu, 16 Februari 2019 |
News Room - Pendidikan

‘Pa Gubernur Tolong Benerin Sekolah Saya!!’

Rabu, 07 Sept 2016 | 11:43 WIB Dibaca: 847 Pengunjung

Surat yang ditulis siswa SDN Sampang, Desa Susukan, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang. Foto inzet: bangunan sekolah yang rusak. (Foto: NEWSmedia)

SERANG, [NEWSmedia] – Takut bangunan sekolahnya akan ambruk, siswa kelas VI (enam) di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sampang, Desa Susukan, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang, menyurati Gubernur Banten, Rano Karno.

Para siswa di sekolah tersebut meminta  agar bangunan sekolahnya diperbaiki. Saat ini, gedung sekolah tempat mereka menimba ilmu, kondisinya sangat memprihatinkan.

Sebanyak empat dari delapan ruang belajar di sekolah tersebut kondisinya rusak berat. Bagian dinding terkelupas dan jebol serta atap sekolah yang bocor. Kondisi ini sangat mencemaskan pihak sekolah, karena khawatir bangunan akan ambruk saat kegiatan belajar mengajar.

Siswa pun membuat surat ditujukan kepada Gubernur Banten, Rano Karno agar memberikan bantuan berupa perbaikan gedung dan fasilitas di sekolah tersebut.

“Pa gubernur tolong benerin sekolah saya!! Supaya belajar tenang dan tenteram,” tulis A. Baihaqi, salah satu siswa kelas VI sekolahan tersebut, Rabu (7/9/2016).

Siswa lainnya, Marhamah meminta perpustakaan dan perbaikan gedung sekolah itu.

“Pa gubernur minta perpustakaan, kalau hujan bocor,” tulisnya.

Siti Masito, juga menuliskan surat yang sama dengan kedua siswa sebelumnya.

“Pa gubernur sekolah saya rusak, kalau hujan bocor,” tulis Masito.

Kepala SDN Sampang, Muhammad Rasidi mengatakan, bangunan sekolah sebenarnya sudah tidak layak pakai. Namun karena keterbatasan sarana dan prasarana, pihak sekolah terpaksa masih menggunakan kelas rusak untuk kegiatan belajar dan mengajar.

“Rasa cemas pasti ada dan menghantui kami, ketika ada hujan datang. Kami khawatir jika sewaktu-waktu bangunan mengalami roboh secara tiba-tiba, kami takutkan cuma itu,“ tutur Rasidi.

Ia mengungkapkan, sekolah yang diisi oleh 50 siswa dan lima tenaga pengajar ini, sebelumnya telah direhab oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Serang pada 2007.

“Kalau yang empat ruangan lainya sudah diperbaiki pada tahun 2007, namun masih ada yang bocor. Kalau empat ruangan ini (yang rusak berat-red) masih belum diperbaiki sejak 1983,” katanya.

Ia berharap agar bangunan sekolah ini segera diperbaiki. Pintu rusak, jendela tanpa kaca, sehingga debu masuk. “Atapnya juga bocor kalau hujan air masuk, tembok sudah mulai rapuh dan bolong‎. Meja yang terbatas sudah dimakan rayap. Murid saat masuk berebut meja belajar,” ujar Rasidi.

Menurut dia, kondisi ini berdampak kurang baik terhadap psikologis siswa. “Semangat siswa akan terganggu, dan pada akhirnya mereka akan sedikit malas untuk belajar,” tukasnya. [Ahi/03]

Publisher: newsmedia.co.id
Bagikan:

KOMENTAR

‘Pa Gubernur Tolong Benerin Sekolah Saya!!’

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top