Selasa, 26 Mei 2020 |
News Room

Orang Indonesia Positif Korona di Singapura, Kemenkes Belum Dapat Akses

Jumat, 07 Feb 2020 | 13:04 WIB Dibaca: 193 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Orang Indonesia yang positif terinfeksi virus korona (coronavirus/2019-nCoV) di Singapura, belum diketahui kabar lanjutannya. WNI 44 tahun itu tengah dirawat intensif di Singapore General Hospital (SGH).

WNI perempuan itu ditengarai mengalami penularan virus korona antarmanusia. Ia diklaim tertular virus korona karena majikannya.

Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes RI) yakin dengan penularan virus korona bisa menyebar antarmanusia. Namun, belum ada data lanjutan yang dapat diperoleh.

Kemenkes RI pun menyatakan bahwa saat ini tidak tahu kabar terkini orang Indonesia yang positif terinfeksi virus korona di Singapura. Hal itu disampaikan Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes dr Anung Sugihantono.

"Yang dilaporkan berkaitan dengan kasus WNI di Singapura tidak sampai detil, sampai ke kondisinya bagaimana sekarang misalnya," ungkap Anung kepada awak media melalui sambungan Skype di Kantor Kemenkes, Jakarta, Kamis (6/2/2020).

Anung melanjutkan, Kemenkes pun tidak diberikan akses secara bebas untuk dapat berkomunikasi dengan pasien. Padahal pemantauan secara berkala sangat dibutuhkan untuk memantau kondisi WNI tersebut.

Namun, sikap negara pada kasus ini ditunjukkan Kementerian Luar Negeri, melalui KBRI di Singapura, untuk selalu memantau WNI itu sebagai bagian dari perlindungan warga negara.

"Tapi sekali lagi disampaikan, Kemenkes tak memiliki akses untuk mendapatkan informasi semacam ini (kabarnya)," sambungnya.

Anung menambahkan, Kemenkes pun tak bisa membuka seluruh informasi yang telah dimiliki kepada publik. Sebab ini adalah data perorangan.

"Ya, kecuali dari orangnya bersedia untuk dibagikan," pungkasnya. [okz]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Orang Indonesia Positif Korona di Singapura, Kemenkes Belum Dapat Akses
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top