Jumat, 07 Mei 2021 |
News Room - Hukum

Operasi Patuh Kalimaya Polres Serang Jaring Ratusan Kendaraan

Kamis, 11 Mei 2017 | 12:57 WIB Dibaca: 1448 Pengunjung

Operasi Kalimaya 2017, yang dilaksanakan oleh Polres Serang, di Tugu Selamat Datang, Pakupatan-Serang, Kamis (11/5/2017)

SERANG, [NEWSmedia] - Operasi Patuh Kalimaya 2017, yang di gelar oleh Kepolisian Resort Serang, melakukan razia kendaraan bermotor di tugu selamat datang di jalan raya Serang-Jakarta, Kota Serang, Banten. 

Pada hari ketiga razia pada hari libur Waisak ini. Ratusan pengendara motor dan mobil terjaring razia. Pelanggaran didominasi oleh pengendara roda dua. Para pengendara yang ditilang kebanyakan tak memiliki surat izin mengemudi dan tidak membawa STNK.

"Ini hari ketiga, kalau jumlahnya sudah banyak yang ditilang. Kita sasarannya adalah tata tertib berlalu lintas, yang kasat mata ini menjadi sasaran kita. Mungkin tidak pakai helm, kendaraan tidak sesuai dengan peruntukkannya mengangkut penumpang," kata Direktur Lalu Lintas Polda Banten, Kombes Tri Juliyanto Djatipurnomo, di lokasi, Kamis (11/5/2017).

Mayoritas yang terkena tilang dan terpaksa dilakukan penindakan adalah para pengendara yang tidak mempunyai SIM. Selain itu pajak kendaraan yang masa berlakunya sudah habis pun ikut ditilang.

"Ya, rata-rata tidak punya SIM, kemudian ada juga STNK-nya masa berlakunya habis, ada yang pajaknya berlakunya habis tapi dianggapnya STNK-nya masih berlaku, (padahal) tidak," ujarnya.

Selain kendaraan roda dua, polisi juga menyasar truk-truk over tonase atau muatan lebih untuk kemudian diperiksa kelengkapan kendaraannya. Jika mengukur tonase harus menggunakan alat pengukur, pihak kepolisian saat ini hanya melihat secara kasat mata apabila muatan yang dibawa melebihi kapasitas truk.

"Yang over tonase kan kita tidak bisa langsung menganggap itu over. Jadi mungkin yang melebihi bak atas atau belakang itu kita periksa. Kalau mungkin melebihi tonase atau tidak kita harus membawa alat portable. Jangan sampai kita salah melangkah dan menyatakan ini melebihi tonase," ungkapnya.

Pihak kepolisian berharap dengan diadakannya Operasi Patuh Kalimaya ini dapat menekan angka pelanggaran berlalu lintas serta meneka angka kecelakaan di jalanan Banten.

"Dengan operasi patuh ini kita berharap hasilnya bisa menekan angka pelanggaran kemudian menekan angka kecelakaan lalu lintas dan korban fatalitas bisa kita turunkan," tuturnya. [dtc]

Penulis: Dtc
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Operasi Patuh Kalimaya Polres Serang Jaring Ratusan Kendaraan
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top