Jumat, 18 September 2020 |
News Room - Hukum

Operasi Cipta Kondisi, Polsek Gunungkencana Lebak Sita Ribuan Miras

Rabu, 05 Apr 2017 | 15:30 WIB Dibaca: 1087 Pengunjung

miras yang disita petugas.*

LEBAK, [NEWSmedia] - Guna mencegah angka kasus kejahatan dan kriminalitas di Kabupaten Lebak, Banten, Polsek Gunungkencana melakukan Operasi Cipta Kondisi 2017. Dalam operasi yang digelar di Jalan Raya Gunungkencana tersebut, petugas berhasil mengamankan sebanyak 4.992 botol minuman keras (miras) berbagai merk.

"Kami mengamankan minuman keras berikut kendaraan roda empat dengan plat nomor B 9467 BCS," kata Kepala Kepolisian Sektor Gunungkencana, Ajun Komisaris Polisi Ugum Taryana di Lebak, Rabu (5/4/2017).

Operasi digelar di Jalan Raya Gunungkencana karena dilintasi kendaraan dari berbagai daerah menuju wilayah Banten bagian selatan, Kabupaten Pandeglang juga Sukabumi, Jawa Barat.

Selain operasi pekat, operasi tersebut juga menindak para pengendara kendaraan bermotor yang tidak melengkapi surat kendaraan dan tidak memiliki SIM.

Selama ini, angka kejahatan di Kecamatan Gunungkencana meningkat dan diduga dipicu dari minuman keras itu.

Sopir yang mengangkut minuman keras itu diketahui bernama Sri Yanto (55) warga Serang dan rencana hendak menuju Lebak selatan yakni Kecamatan Malingping.

Saat ini, sopir itu menjalani sidang di pengadilan dan dikenakan tindak pidana ringan atau tipiring. Sebab, Sri Yanto melanggar peraturan daerah (Perda) Nomor 6 tahun 2003 tentang minuman keras.

"Kami tidak melakukan penahanan terhadap sopir karena melanggar tipiring itu," katanya.

Ia mengatakan, operasi Cipta Kondisi terus dioptimalkan guna meminimalisasi penyakit masyarakat khusus di wilayah hukum Gunungkencana. Selain itu kata dia, masyarakat pun diminta berperan aktif mencegah peredaran minuman keras juga narkoba. Sebab, kedua barang haram itu dapat memicu kejahatan.

"Kami minta warga melapor jika ditemukan minuman keras maupun narkoba karena bisa mengundang kriminalitas di masyarakat," katanya.

Ia menyebutkan, dari 4.992 botol minuman keras berbagai merk itu diantaranya merk Prost Bear sebanyak 96 botol, Mix Max 48 botol, Anggur Merah 960 botol, Kolesom besar 1.776 botol, dan Kolesom kecil 2.112 botol.

"Semua minuman keras itu nantinya akan dimusnahkan," tandasnya. [okz]

Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Operasi Cipta Kondisi, Polsek Gunungkencana Lebak Sita Ribuan Miras
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top