Minggu, 20 September 2020 |
News Gallery - Lifestyle

Olahraga Tingkatkan Memori Jangka Pendek

Senin, 19 Des 2016 | 09:35 WIB Dibaca: 806 Pengunjung

berolahraga.*

JAKARTA, [NEWSmedia] - Anda mungkin sering lupa pada peristiwa yang baru saja terjadi dan itu sangat merepotkan. Untuk mengurangi kondis tersebut, cobalah berolahraga lebih sering.

Penelitian yang dilakukan di Inggris mengungkapkan jika olahraga dapat membantu meningkatkan memori jangka pendek. Hasil riset tersebut disampaikan pada konferensi tahunan British Psychological Society’s Division of Sport and Exercise Psychology di Cardiff. 

Dr David Marchant dari Edge Hill University, Lancashire, menemukan efek dari bersepeda yang dilakukan pada dua percobaan yang berbeda. Sebanyak 10 orang yang sehat dan aktif secara fisik diminta untuk mengingat kata-kata  sebelum dan setelah bersepeda selama 30 menit, atau sebelum dan setelah istirahat tenang dengan duduk membaca.

Hasil dari percobaan yang dilakukan menunjukan jika orang yang mengingat kata-kata setelah berolahraga justru lebih baik daripada orang yang duduk bersantai. Hasil ingatan baik pun terbukti ketika peserta mencoba mengulangi kata-kata setelah 30 menit berolahraga.

Temuan ini juga sejalan dengan penelitian sebelumnya yang menunjukkan aktivitas fisik meningkatkan memori dan dapat bermanfaat bagi mereka yang sedang mempelajari informasi baru. Sementara itu penelitian skala kecil, studi kualitatif yang dilakukan oleh para peneliti Michigan State University juga menemukan hubungan antara memori dan kebugaran.
 
Setelah 75 mahasiswa mengikuti tes selama dua hari, tim melihat mereka dengan tingkat kebugaran terendah berjuang paling tinggi untuk mengingat informasi dan paling mudah kehilangan informasi yang didapatkan, dilansir dari Malay Mail Online. [mmo]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Olahraga Tingkatkan Memori Jangka Pendek
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top