Jumat, 20 Juli 2018 |
Kesehatan - News Gallery

Olahraga Efektif Turunkan Gula Darah Penderita Diabetes

Selasa, 17 Apr 2018 | 06:32 WIB Dibaca: 366 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Kegemukan atau overweight menjadi pangkal dari berbagai masalah kesehatan, salah satunya adalah diabetes. Menurut dr. Em Yunir, SpPD-KEMD, kegemukan bisa mengakibatkan gangguan fungsi insulin.

"Ini bisa memunculkan semua faktor seperti kolesterol, tekanan darah, dan gula darah naik," ujar Yunir saat media briefing 'Lindungi Keluarga dari Diabetes' di Gedung P2P, Percetakan Negara, Jakarta, Senin 16 April 2018.

Pada mereka yang bermasalah dengan lingkar pinggang atau perut besar, lemak di bagian ini bisa menyebabkan resistensi insulin. Yunir mengungkapkan, dari sebuah penelitian menunjukkan bahwa jumlah lemak perut berkaitan dengan resistensi insulin.

"Resistensi insulin yang naik, berarti gula darah akan naik. Selain itu, gemuk berisiko penyakit jantung lebih tinggi," lanjut Yunir.

Salah satu cara mudah untuk mengantisipasi hal ini, saran Yunir, adalah dengan berolahraga. Olahraga diketahui mampu menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu, bisa menurunkan berat badan dan memperbaiki kadar gula darah.

"Resistensi yang buruk bisa jadi lebih baik. Disiplin kuat, kendalikan gula darah dan tekanan darah dengan melakukan jogging, sepeda, atau berenang," lanjut Yunir. [viva]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

LAINNYA

Gejala Leukemia Pada Anak-anak
Jumat, 20 Jul 2018 | 06:31 WIB
Gejala Leukemia Pada Anak-anak

KOMENTAR

Olahraga Efektif Turunkan Gula Darah Penderita Diabetes
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top