Jumat, 22 Maret 2019 |
News Gallery - Tekno

Obrolan Lama WhatsApp Hilang Misterius, Ini Alasannya

Senin, 14 Jan 2019 | 15:17 WIB Dibaca: 537 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Aplikasi pesan WhatsApp memang semakin populer, tapi di balik kepopulerannya membuka kesempatan bagi para penipu dan bug aplikasi. Laman indiatoday, Jumat, 11 Januari 2019, menjelaskan bahwa beberapa pengguna WhatsApp melaporkan kasus hilangnya pesan lama di dalam aplikasi. 

Pengguna bernama Bharat Mishra melaporkan kasus hilangnya pesan melalui laman blog. Unggahannya juga telah dibagikan oleh WaBetaInfo. Pengguna asal India itu menuliskan bahwa, setiap pagi dia menemukan satu atau dua obrolan lamanya di smartphone Moto G4 Plus-nya secara misterius hilang.

"Sejak bulan lalu riwayat kronologi obrolan telah menghilang. Sekarang tren telah berubah, setiap pagi saya menemukan satu atau dua riwayat obrolan menghilang. Saya menggunakan ponsel Moto G4 Plus dan baru-baru ini mengetahui melalui pencarian Google bahwa ada banyak orang menghadapi masalah yang sama," tulis Mishra.

Mishara mengaku telah mencoba menginstal ulang aplikasi hampir lima kali dan mengatur ulang ponselnya, tapi tidak ada yang berubah. Dirinya bahkan berhenti menggunakan antivirus dan aplikasi pembersih untuk menghindari kebingungannya

"Saya telah menghadapi masalah ini sejak April. WhatsApp belum menanggapi keluhan saya, tapi kami menduga bahwa para pengguna ini mungkin belum membuat cadangan obrolan mereka di Google drive, itulah sebabnya obrolan lama mereka dihapus," kata Mishra.

WhatsApp pada Agustus 2018 lalu telah mengumumkan kemitraan di mana semua obrolan dari aplikasi didukung untuk mem-back up data ke Google Drive dan tidak akan dihitung ke penyimpanan data penggyna, dan cadangan yang belum diperbarui dalam lebih dari satu tahun akan dihapus secara otomatis dari Google Drive.

Ini bisa menjadi salah satu alasan mengapa pengguna WhatsApp mengalami kehilangan riwayat obrolan mereka. Kemungkinan lain adalah bisa jadi dikarenakan bug. WhatsApp memungkinkan pengguna dapat mencadangkan obrolan dan data lain ke Google Drive sehingga semua data dapat dengan mudah ditransfer ke perangkat baru jika mengganti ponsel baru.

Untuk membuat cadangan WhatsApp, caranya cukup membuka ikon Menu> Pengaturan> Obrolan> Cadangan obrolan> Cadangkan ke Google Drive> pilih frekuensi cadangan> pilih akun Google yang akan dicadangkan untuk riwayat obrolan pengguna dan ikuti saja petunjuknya untuk membuat cadangan data. [cnn]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Obrolan Lama WhatsApp Hilang Misterius, Ini Alasannya
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top