Rabu, 23 Juni 2021 |
Pariwisata

Nikmati Bangunan Bersejarah Selama Mudik Lewat Cirebon

Rabu, 21 Jun 2017 | 16:01 WIB Dibaca: 1292 Pengunjung

Keraton Kasepuhan Cirebon.*

[NEWSmedia] - Sejarah kerajaan tidak hanya bisa ditemukan di Yogyakarta saja. Cirebon, Jawa Barat juga memiliki situs bersejarah yang bisa ditilik dari Keraton Kasepuhan.

Destinasi ini bisa juga lho dijadikan tempat istirahat sejenak dari kepenatan mudikers yang melakukan perjalanan mudik melewati Pantura.

Keraton Kasepuhan Cirebon ini pertama kali didirikan oleh Pangeran Cakrabuana tahun 1529. Keraton ini sendiri merupakan bentuk perluasan dari Keraton Pakungwati yang menjadi keraton tertua di Cirebon.

Dibangunnya Keraton Kasepuhan juga menjadi simbol masuknya Islam di Jawa Barat. Sebab, Keraton Kasepuhan ini dulunya dijadikan tempat pemerintahan. Kesultanan Cirebon yang memimpin kerajaan Islam di sana.

Seiring berjalannya waktu dan pergantian penerus tahta, tahun 1969, Kesultanan Cirebon mengalami konflik sehingga memecahkan Kesultanan menjadi dua bagian yakni Kesultanan Kanoman dan Kasepuhan.

Begitulah sekilas mengenai sejarahnya, jika Anda menelusuri keindahan arsitekturnya, suasana Islam akan terasa ketika melihat pendopo yang terletak di pelataran, kemudian dinding batu-bata merah akan membawa Anda kembali ke masa sebelum penjajahan dimulai.

Di bagian Barat, wisatawan bisa melihat masjid tua yang dibangun oleh para wali ialah Masjid Agung Sang Cipta Rasa. Destinasi ini menjadi tempat terbaik untuk beribadah, berfoto sekaligus melepas penat sejenak selama perjalanan mudik menggunakan kendaraan pribadi.

Tak jauh dari keraton, Anda juga bisa mampir ke pasar di alun-alunnya. Di sana, wisatawan akan merasa betah karena banyak sajian kuliner khas Cirebon yang bisa diicip satu persatu, tentunya akan menambah semangat untuk meneruskan perjalanan ke kampung halaman. [okz]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Nikmati Bangunan Bersejarah Selama Mudik Lewat Cirebon
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top