Jumat, 25 Mei 2018 |
News Room

'Ngintip' Fasilitas Kereta Canggih di Bandara Soetta

Senin, 18 Sept 2017 | 07:26 WIB Dibaca: 498 Pengunjung

Skytrain dilihat dari dalam. (Foto: tol)*

TANGERANG, [NEWSmedia] - Kereta canggih atau Skytrain yang berbasis pada teknologi Automated Power Mover System (APMS) di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) telah resmi beroperasi.

Pada tahap pertama, Skytrain tersebut akan beroperasi dari terminal dua menuju terminal tiga dan juga sebaliknya.

Nah, apa saja fasilitas kereta tanpa masinis yang rencananya melayani penumpang antar terminal ini?

Pertama, kapasitas penumpang dalam satu rangkaian kereta (trainset) sebanyak 176 orang. Satu trainset terdiri dari dua gerbong.

Di dalamnya hanya tersedia untuk 10 tempat duduk penumpang, itu pun hanya tempat penumpang prioritas, seperti penumpang lansia, ibu hamil atau penumpang yang membutuhkan pelayanan khusus.

Bagaimana untuk penumpang lain? Mayoritas penumpang harus berdiri. Walaupun harus berdiri, namun, jarak tempuh dari terminal dua menuju terminal tiga maupun sebaliknya hanya membutuhkan waktu kurang lebih 3-4 menit saja.

Yang kedua, di dalam kereta yang dapat melaju dengan kecepatan 60 kilometer/jam itu juga terdapat tempat khusus untuk penumpang yang menggunakan kursi roda.

Selain itu, kereta listrik itu juga dilengkapi dengan emergency tools atau peralaatan yang dapat digunakan saat keadaan darurat, diantaranya, pemecah kaca, alat pemadam api ringan (APAR) dan seluruh sudut kereta itu dilengkapi dengan CCTV.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin menargetkan, insfrastruktur APMS akan selesai pada pertengahan Desember 2017.

“Kami akan selesaikan pada pertengahan Desember 2017. Nantinya, APMS akan mencakup seluruh lintasan di seluruh terminal di Bandara Soetta hingga stasiun kereta yang terkoneksi dengan integreted building,” kata Awaludin di Bandara Soetta, Minggu (17/9/20170. [tol]

Editor: Ahmad Hifni
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

'Ngintip' Fasilitas Kereta Canggih di Bandara Soetta
POLRES SERANG KOTA NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top