Rabu, 12 Agustus 2020 |
News Room

New Normal, Virtual Office Bisa Jadi Solusi Bagi Pengusaba

Senin, 13 Jul 2020 | 17:18 WIB Dibaca: 199 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Memang tidak mudah untuk melalui masa-masa New Normal yang saat ini tengah diberlakukan oleh Pemerintah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Presiden Joko Widodo pun harus berpikir ekstra keras, bagaimana caranya harus mempertahankan ekonomi negara ini agar tidak runtuh namun juga tetap menjaga agar tidak terjadi lagi pandemi yang berkepanjangan.

Dengan berlakunya New Normal pun diharapkan agar tidak terjadi keterpurukan dalam segi ekonomi di Tanah Air. Dan perusahaan-perusahaan yang ingin tetap mempertahankan usaha mereka agar tidak bangkrut pun harus mematuhi berbagai peraturan dari masa transisi ini.

Dimana tentunya kita harus tetap menjaga kebersihan, tetap menjaga jarak walaupun situasi di kantor atau dimana pun anda berada tengah terjadi kerumunan yang cukup ramai. Tentu bukan hal yang mudah juga untuk menjaga situasi di era New Normal ini agar tetap kondusif. Maka dari itu para perusahaan yang tidak ingin melanggar batasan dari era baru ini pun harus mempertimbangkan pemakaian jasa virtual office.

Mengapa Harus Mempertimbangkan Kemungkinan Pemakaian Jasa Sewa Kantor Virtual?

Tentunya anda sebagai pemilik perusahaan ingin mencoba mempertahankan dan terhindar dari kebangkrutan. Salah satu cara terbaik pastinya adalah dengan memangkas pengeluaran. Pengeluaran pun bermacam-macam jenisnya, mulai dari gaji karyawan, biaya listrik dan air, biaya telepon dan internet, biaya sewa gedung dan lain sebagainya.

Pastinya anda harus memutar otak bagaimana bisa memangkas pengeluaran namun juga tetap bisa menjalankan perusahaan dengan baik. Solusi terbaiknya tentunya dengan menggunakan jasa sewa virtual office. Pemakaian kantor virtual pun juga sudah mulai naik daun sebelum era New Normal. Akan tetapi memang pada saat itu masih tidak begitu marak penggunaannya, dikarenakan para perusahaan masih lebih konsisten menggunakan jasa sewa gedung agar lebih mudah untuk dijangkau.

Namun sebenarnya, dengan fitur virtual office anda pun juga bisa lebih mudah untuk dijangkau oleh pihak yang berkepentingan. Patut untuk dicermati dengan lebih baik bahwa dengan pemakaian kantor virtual pastinya anda akan lebih menghemat biaya yang cukup banyak. Biaya sewa kantor atau gedung? Sudah pasti terpotong. Lalu biaya air, listrik, telepon dan internet? Sudah pasti juga turut terpangkas. Dan masih banyak biaya lainnya yang bisa turut terpangkas dengan penggunaan jasa sewa kantor secara virtual.

Lalu apakah ada keuntungan lainnya dengan menggunakan jasa sewa virtual office ini? Pastinya ada, selain pemangkasan biaya, kamu juga bisa dapatkan beberapa keuntungan seperti bekerja lebih efektif. Mengapa bisa dikatakan seperti itu? Karena hal tersebut sudah terbukti dari sistem Work From Home yang mulai diterapkan oleh banyak kantor untuk tetap menjaga perusahaan tetap berjalan semasa pandemi COVID-19.

Dengan bekerja dari rumah, para karyawan terbukti memang lebih produktif dan juga mereka tetap bisa bertemu bersama orang yang disayangi atau dengan keluarga tanpa harus meninggalkan pekerjaan sehari-hari. Lalu jika anda ingin melakukan meeting? Converence call pun menjadi solusi yang terbaik. Terbukti dengan cara ini pun lebih mudah untuk berbincang tanpa harus mengurangi sisi profesionalisme dalam bekerja.

Namun juga terkadang anda ingin tetap menjaga kerja sama antar divisi karyawan tetap berjalan baik, dan meet up pun memang sangat diperlukan. Biasanya jasa penyewaan virtual office pun juga memberikan fitur room meeting secara fisik.

Biasanya ruangan ini terdapat di lokasi-lokasi yang sangat strategis dan pastinya akan sangat mudah dijangkau oleh para karyawan dengan kendaraan pribadi maupun dengan kendaraan umum. Dan kapasitasnya pun juga biasanya terbilang cukup memadai, dengan perkiraan mencapai 20 hingga 30 individu. Pastinya juga tidak akan melanggar batasan peraturan New Normal.

Lalu bagaimana jika ada klien yang ingin menghubungi? Hal tersebut juga biasanya sudah teratasi, karena penyewaan kantor virtual juga memberikan jasa penjawab telepon yang profesional. Panggilan masuk dari calon klien atau rekan bisnis akan langsung diteruskan ke nomor telepon yang sudah terdedikasi untuk pihak perusahaan masing-masing. Pastinya interaksi dengan klien maupun rekan bisnis tidak akan terabaikan dengan fitur tersebut.

Apakah Sangat Aman dengan Jasa Pembuatan PT atau CV Virtual?

Tentu saja sangat aman, karena pihak penyedia jasa pembuatan perusahaan tersebut sudah mendapatkan izin usaha dari Pemerintah. Lalu untuk lebih menambah rasa kepercayaan, perusahaan anda yang menggunakan jasa mereka juga akan mendapatkan alamat yang strategis. Tentu calon klien akan merasa aman untuk memulai kerja sama dengan perusahaan pengguna jasa virtual office dan jasa pembuatan PT dan CV yang saat ini memang semakin marak.

Walaupun alamatnya memang benar adanya akan tetapi tidak akan ada karyawan yang bekerja di posisi tersebut. Hal ini termasuk lumrah karena memang penggunaan working space virtual ini hanya sebatas untuk branding. Walaupun kegiatan pekerjaan berada di tempat lainnya, namun memang pada dasarnya jasa ini sangat legal dan sudah terpercaya.

Dan walaupun penggunaan meeting room hanya sebatas meet up dalam waktu yang terbatas, bisa dipastikan semua kegiatan akan berjalan dengan sangat aman. Para pemilik perusahaan pun bisa mengandalkan para penyedia jasa sewa kantor yang tidak terlihat ini karena alamat sudah bisa dipastikan akan berada pada posisi yang sangat strategis dan terpercaya, contohnya seperti Sudirman & Thamrin.

Apakah Masih Memungkinkan Untuk Tetap Menjalankan Kegiatan Perusahaan dari Dua Tempat Berbeda?

Sangat memungkinkan. Anda bisa menyewa kantor virtual untuk 50% dari karyawan yang basicnya akan bekerja dari rumah. Dan tetap mempekerjakan 50% lainnya untuk tetap berada di kantor fisik. Segala pengiriman dokumen atau barang-barang penting pun bisa dialokasikan ke alamat virtual, karena pihak penyedia jasa akan menampung paket tersebut terlebih dahulu baru meneruskan kembali kepada anda.

Jadi bisa dipastikan penggunaan jasa virtual office dan pembuatan PT dan CV digital ini sangat aman dan legal. Dan bagi anda yang tetap menggunakan sewa kantor fisik, diharapkan untuk tetap aktif menjaga kebiasaan baru di tempat bekerja. Contohnya seperti mencuci tangan saat baru datang dari luar area gedung, tetap memakai masker selama berada di dalam gedung dengan opsi membawa masker lebih agar bisa mengganti yang telah terpakai.

Lalu sirkulasi kantor fisik pun juga harus tetap diperhatikan, seperti udara, cahaya dan penempatan para pekerja. Hal ini sangat penting untuk dipantau secara konsisten. Jadi tidak akan ada pihak yang merasa khawatir dengan kemungkinan terjadinya penyebaran virus COVID-19 walaupun tempat bekerja fisik sudah mulai di isi dengan 50% karyawan yang bekerja secara normal.

Selain itu para petugas kebersihan gedung juga harus tetap bekerja dengan lebih aktif dan lebih efisien. Seperti merawat kebersihan di WC yang notabene bisa menjadi tempat penyebaran paling cepat dan juga kebersihan dari setiap ruangan kantor yang akan digunakan oleh para karyawan sehari-hari. [lpt]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

New Normal, Virtual Office Bisa Jadi Solusi Bagi Pengusaba
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top