Kamis, 06 Agustus 2020 |
News Room - Banten Memilih

Nama Putra Mantan Gubernur Banten Dijadikan Brand Golok

Kamis, 24 Nov 2016 | 22:57 WIB Dibaca: 1850 Pengunjung

Calon Wakil Gubernur Andika Hazrumy mengasah golok buatan perajin di Kecamatan Petir, Kabupaten Serang, Kamis (24/11/2016).*

SERANG, [NEWSmedia] - Calon Wakil Gubernur Banten nomor urut 1 Andika Hazrumy terus melakukan silaturahmi dengan warga dalam momen kampanye tatap muka Pilkada Banten 2017. Hari ini, Andika menjadwalkan kunjungan ke Kecamatan Petir, Kabupaten Serang.

Dalam kunjungan tersebut, Andika datang ke sejumlah tempat perajin golok di Kecamatan Petir. Di salah satu tempat perajin, Andika mencoba mengasah golok yang diproduksi perajin yang merupakan warga setempat.

Andika yang merupakan cucu tokoh pendekar Banten Tb Chasan Sochib nampak cekatan mengasah golok yang dibuat perajin di Kecamatan Petir ini.

Tempat pembuatan golok di daerah ini sudah ada sejak lama. Namun belum diketahui asal sejarah ada pandai golok di kecamatan yang berbatasan dengan Rangkasbitung, Lebak ini.

Soal nama golok juga belum ada, seperti halnya Golok Ciomas yang sudah dikenal sampai mancanegara. Akhirnya, perajin golok di sini pun spontan memberi nama produknya ‘Golok Andika’.

"Golok yang kami produksi belum ada namanya. Kalau dinamai Golok Andika kayaknya bagus. Namanya Golok Andika saja yah," kata Abah Asep disambut tawa dan disetujui warga yang hadir.

Menurut Asep, secara filosofi makna 'Golok Andika' cukup bagus dan diyakini ampuh bisa mengangkat home industri Golok di Kecamatan Petir.

"Kami berharap Pak Andika ikut mempromosikan dan membantu para perajin golok di sini," ujarnya.

Asep mengungkapkan, workshop kecil kerajinan golok yang dimilikinya merupakan usaha yang sudah dijalankan belasan tahun. Sejauh ini, ia sudah memiliki pekerja atau pandai golok sebanyak 20 orang. Setiap pekerja, mampu memproduksi dua golok dalam sehari.

"Jadi setiap hari diproduksi 40 golok. Hasilnya kita jual ke pasar-pasar," tuturnya.

Produksi golok di Petir ini cukup banyak. Ada khusus golok ukir, ada golok yang biasa dipakai untuk kebutuhan ladang. "Dua-duanya ada. Kami sepakat menamai Golok Andika," ungkapnya.

Sementara itu, Andika mengaku terharu dan bangga namanya dijadikan nama golok dari Kecamatan Petir. Putra mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah itu tentunya berharap nama 'Golok Andika' bisa mengangkat usaha kecil menengah (UKM) di Kecamatan Petir.

"Branding golok Petir menjadi Golok Andika bagus juga. Saya justru sangat tersanjung," kata Andika.

Calon Wakil Gubernur Banten yang berpasangan dengan Wahidin Halim (WH) ini menjelaskan, perajin golok di wilayah Banten tak hanya berada di Kecamatan Ciomas, Kabupaten Serang, melainkan juga berada di Cilegon dan Kecamatan Petir, Kabupaten Serang.

"Golok selain juga berfungsi untuk pertahanan, yang utama adalah perkakas ladang. Dan belakangan berfungsi sebagai hiasan dinding," ujarnya.

Andika menegaskan, kerajinan golok jika dikembangkab bisa meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi (LPE) dan indeks pembangunan manusia (IPM) dari sektor daya beli masyarakat. Oleh karena itu, penguatan terhadap sektor usaha kerajinan ini perlu mendapat perhatian pemerintah.

Andika pun berjanji akan membantu pengadaan alat kerja serta membantu pemasaran hasil produksi golok dari perajin di Kecamatan Petir. "Kita akan mendampingi UKM ini dari hulu sampai hilir. Dari peningkatan alat kerja, modal, kemasan, promosi hingga pemasaran," katanya. [bud]

Editor: Arif Darma
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Nama Putra Mantan Gubernur Banten Dijadikan Brand Golok
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top