Kamis, 19 September 2019 |
News Room

Musim Kemarau, BMKG: Jakarta dan Banten Terancam Alami Kekeringan

Jumat, 23 Agt 2019 | 06:09 WIB Dibaca: 162 Pengunjung

Foto ilustrasi. *

[NEWSmedia] - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini mengenai kekeringan Meteorologis yang akan dialami DKI Jakarta serta Banten di musim kemarau ini. Peringatan ini dikeluarkan berdasarkan analisis update 20 Agustus 2019, yang menunjukkan Zona Musim di Banten dan Jakarta memasuki musim kemarau. 

Hal ini berdampak pada kedua wilayah tersebut mengalami hari kering yang cukup panjang. Dari data HTH hingga update 20 Agustus kemarin, keduanya mengalami deret hari kering lebih dari 20 hari hingga lebih dari 60 hari. Sementara, prakiraan peluang curah hujan pada dasarian III Agustus dan dasaria I September tahun ini sangat redah, yaitu kurang dari 20 mm/dasarian.

Dua temuan data dan analisis tersebut dianggap cukup bagi pihak BMKG untuk mengeluarkan peringatan kekeringan. Menurut data yang dikeluarkan BMKG, ada 9 wilayah yang masuk ke dalam ketegori siaga.

Kesembilan wilayah tersebut adalah Jakarta Pusat (Gambir), Jakarta Selatan (Jagakarsa, Cilandak, Kebayoran Baru, Pasar Minggu), Jakarta Barat (Kedoya Selatan, Grogol Petamburan), Depok (Depok dan Pesanggrahan), Tangerang (Sukamulya, Legok, Serpong, Sukamulya, Kresek), Tangerang Selatan (Pondok Aren, Serpong), Serang (Carenang, Cinangka, Kibin, Kramatwatu, Ciomas, Pamarayan, Cilodong, Tirtayasa), Pandeglang (Cipeucang, Banjarsari, Jiput, Labuhan, Munjul, Pagelaran, Pulosari, Sobang), serta Lebak (Banjarsari, Cibeber, Cihara, Cikulur, Gunung Kencana, Cijaku, Rangkasbitung, Maja, Malingping, Warung Gunung). [fml

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Musim Kemarau, BMKG: Jakarta dan Banten Terancam Alami Kekeringan

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top