Jumat, 24 Januari 2020 |
Tekno

Musim Hujan Perhatikan Rantai Motor Supaya tak Karatan

Selasa, 10 Des 2019 | 17:51 WIB Dibaca: 276 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Masuknya musim hujan merupakan masa-masa di mana perawatan komponen motor berbahan besi perlu jadi sorotan. Tingginya frekuensi terpaan air hujan berpotensi menyebabkan korosi akan memakan usia komponen tertentu.

Pada komponen penggerak, rantai motor tak luput dari risiko korosi akibat air hujan. Penting sekali selama musim hujan ini memberikan perhatian lebih pada rantai supaya tidak cepat karatan.

"Pertama pelumasan harus dijaga, apalagi kayak sekarang hujan terus panas jadi rantai ini akan cepat karat," kata Kepala Bengkel Wahana Makmur Sejati Honda, Timbul Suwardy saat ditemui detikcom di diler Wahana, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Senin (2/12/2019).

Efeknya rantai karatan adalah lebih pendeknya usia rantai. Belum lagi motor digunakan seperti itu akan semakin mempercepat keausan dari rantai tersebut.

"Ketika karat dan tidak ada perawatan dia akan cepat aus, jadi saat jalan, akselerasi terkikis dan ausnya akan lebih cepat," jelas Timbul.

Rantai yang telah berkarat ini tentu juga akan berdampak pada komponen lain yang bergesekan langsung seperti roda gigi. Jadi perawatan rantai sangatlah krusial dalam menjaga kondisi motor di kondisi prima.

Sementara untuk rantai yang berkarat sendiri ketika mulai kendor akan lebih sulit disetel ulang. Kerugian pada pemilik mau tak mau rantai motor harus diganti dengan yang baru.

"Cek dulu kondisi rantai pasti kan dilumasi. Pengaruhnya ke gear juga. Untuk memastikan rantai masih bagus atau tidak lihat kondisi rantai kendor biasanya setel sesuai standarnya kalau memang sudah tidak bisa setel harus dilakukan penggantian," pungkas Timbul. [dtc]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Musim Hujan Perhatikan Rantai Motor Supaya tak Karatan

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top