Selasa, 18 Desember 2018 |
Highlight - News Community

Murid TK Islam Al-Azhar 40 Cilegon 'Sekolah' di Kampoeng Ternak Banten

Selasa, 15 Nov 2016 | 17:57 WIB Dibaca: 1241 Pengunjung

Para murid TK Islam Al-Azhar 40 Cilegon di Kampoeng Ternak Banten, Selasa (15/11/2016).*

[NEWSmedia] - Belajar di dalam kelas terkadang memang membuat siswa merasa bosan. Kegiatan belajar-mengajar pun menjadi kurang maksimal. Kini, sejumlah sekolah mulai menerapkan teknik pembelajaran yang terkombinasi antara belajar di dalam dan di luar kelas.

Seperti yang dilakukan para murid TK Islam Al-Azhar 40 Cilegon, Selasa (15/11/2016). Mereka dibawa ke  Kampoeng Ternak Banten yang berlokasi di Link Lebak RT02/04, Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten, untuk belajar mengenal proses peternakan domba binaan Yayasan Dompet Dhuafa.

Di peterneakan ini, siswa-siswi melihat proses pemberian makan hingga perawatan domba. Mereka nampak antusias mengikuti rangkaian kegiatan yang bertajuk ‘Edufarm and Social Care’ ini. Selain itu, anak-anak ini juga dikenalkan dengan jenis-jenis hewan ternak.

Kepala TK Islam Al-Azhar 40 Cilegon, Yuyu Yulyati mengatakan, kegiatan ini adalah bentuk kerja sama TK Islam Al-Azhar 40 Cilegon dengan Dompet Dhuafa Banten. “Ini adalah lanjutan program Muharram Berbagi. Kita memang sudah rutin bersinergi dengan Dompet Dhuafa,” kata Yuyu.

Ia mengatakan, Muharram Berbagi adalah wadah pembelajaran berbagi sejak dini untuk anak. “Hari ini kita sengaja mengajak anak-anak ke peternakan. Selain untuk berbagi dengan saudara kita yang dhuafa, anak-anak sekaligus belajar mengenal hewan ternak,” tuturnya.

Pada kesempatan ini, TK Islam Al-Azhar 40 Cilegon menyalurkan donasi berupa lima ekor hewan ternak untuk diberdayakan oleh peternak dhuafa di Kampoeng Ternak Banten.

Sementara itu, Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Banten, Abdurrahman Usman menilai kegiatan ‘Edufarm and Social Care’ adalah bentuk pendidikan berbagi yang efektif sekaligus sarat akan nilai edukasi.

“Hari ini anak-anak datang dan mengikuti proses yang terjadi di peternakan. Mereka sangat senang. Di samping itu, mereka juga belajar berbagi kepada dhuafa. Hari ini peternak binaan kita diamanahi untuk merawat beberapa ekor domba lagi,” ujarnya.

Usman menyampaikan, ‘Edufarm and Social Care’ meruapkan program lanjutan dari Kampoeng Ternak Banten yang telah bergulir selama satu semester.

“Alhamdulillah, program KTB yang kita gagas mendatangkan berkah pada semua. Saudara-saudara kita yang dhuafa telah mampu berdaya dari hasil peternakan. Mereka sudah berzakat. Pelan-pelan, unit usahanya kita kembangkan, salah satunya adalah edufam serta layanan aqiqah yang akan segara kita luncurkan,” paparnya.

Kampoeng Ternak Banten adalah bentuk pendayagunaan dana zakat, infak, dan sedekah dari masyarakat Banten yang dihimpun oleh Dompet Dhuafa. Para penerima manfaatnya yang merupakan masyarakat prasejahtera diberikan bantuan modal serta pembinaan yang intensif, sehingga mereka mampu keluar dari lingkaran kemiskinan. “Konsepnya M3, mustahik move to muzzaki,” tutup Usman. [*]

Editor: Arif Darma
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Murid TK Islam Al-Azhar 40 Cilegon 'Sekolah' di Kampoeng Ternak Banten
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top