Minggu, 07 Juni 2020 |
News Room

MUI Kota Serang Perbolehkan Salat Idul Fitri di Rumah

Senin, 18 Mei 2020 | 18:22 WIB Dibaca: 254 Pengunjung

Sekretaris MUI Kota Serang, Amas Tadjudin.*

SERANG, [NEWSmedia] - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Serang menjelaskan terkait pelaksanaan Salat Idul Fitri yang bisa dilakukan di rumah saat masa pandemi covid-19.

Sekretaris Umum MUI Kota Serang, Amas Tadjuddin mengatakan, hal tersebut berdasarkan rekomendasi MUI Kota Serang nomor 26 tahun 2020 tentang shalat taraweh dan shalat idul fitri tahun 1441 H, dan Fatwa MUI Pusat nomor 28 tahun 2020 tentang tata cara shalat idul fitri masa pandemi covid 19.

"Pertama, bahwa shalat idul fitri (sunnah muakkadah) dilakukan di rumah bisa dilaksanakan secara sendiri (munfarid),
bisa juga secara berjamaah," kata Amas melalui keterangan tertulisnya, Senin (18/5/2020).

Kedua, lanjut Amas, bila dilaksanakan berjamaah, harus mengikuti ketentuan minimal ada empat orang, yang terdiri dari satu orang bertindak selaku imam dan (jika mampu sekaligus) bertindak sebagai khotib, dan tiga orang lainya sebagai makmum. 

"Dalam hal tata cara shalat idul fitri berjamaah atau munfarid tanpa adzan dan iqomah, tepat pada  waktunya dimulai dengan niat (ushally sunnatan li 'idil fitri rok'ataini imaman atau makmuman lillahi taala), Allahu Akbar (takbirotul ihrom), dilanjutkan membaca takbir sebanyak 7 (tujuh) kali (diluar takbirotul ihram), dan diantara takbir membaca (subhanallah wal hamdulillah wala ilaha illa allah wallahu akbar)," tambahnya.

Amas menjelaskan, setelah itu, diteruskan dengan membaca doa iftitah, disambung membaca surat alfatihah dan dilanjutkan membaca surat pendek alquran, dilanjutkan ruku dan sujud seperti shalat biasa, selesai rakaat pertama, dilanjutkan
pada rakaat kedua dimulai membaca takbir sebanyak lima kali, dilanjutkan seperti salat biasa, sampai selesai salam.

"Selesai salat disunahkan mendengarkan khutbah idul fitri, bilamana jamaah di rumah kurang dari empat orang atau tidak ada yang sanggup (mampu) menjadi khatib, maka tidak apa-apa sah salatnya tanpa khutbah," pungkasnya. [ahi]
 

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

MUI Kota Serang Perbolehkan Salat Idul Fitri di Rumah
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top