Sabtu, 23 Januari 2021 |
Tekno

Motor Sering Hantam Lubang Bikin Aki Cepat Rusak

Kamis, 15 Des 2016 | 13:35 WIB Dibaca: 973 Pengunjung

jalanan berlubang.*

JAKARTA, [NEWSmedia] - Hujan yang terus mengguyur sebagian wilayah di Indonesia membuat jalan rentan menjadi rusak dan berlubang. Akibatnya, pengendara motor mesti mewaspadai jalan rusak, karena dapat merusak beberapa komponen sepeda motor, salah satunya aki.

Aki sebagai komponen kelistrikan motor ternyata sangat rentan terhadap guncangan akibat jalan yang berlubang. Sebab, posisi aki yang tidak terjaga dapat menyebabkan perubahan posisi yang akhirnya bisa melepas soket.

Hal ini juga dikatakan Dedy Ismanto, Product Manager Bosch Automotive Aftermarket Indonesia. Menurutnya, guncangan pada motor yang terus menerus akan membuat umur aki tidak awet.

"Kalau guncangan atau pun getaran itu memang bagian dari yang pengaruhi umur pakai aki. Tapi itu juga tidak terlalu signifikan ya," kata Dedy di Jakarta.

Guncangan demi guncangan dikatakan akan membuat soket dan juga kabel listrik di aki motor terlepas. Sehingga, pengisian aki menjadi tidak maksimal dan akan memengaruhi umur aki.

"Guncangan yang berlebihan tentunya akan berakibat rusaknya sel-sel yang terdapat di dalam komponen aki. Kalau terlalu sering mendapatkan guncangan saat menemui jalan berlubang, umur aki akan cepat."

Lebih dari itu, Dedy mengatakan, agar para pemilik kendaraan tidak lupa untuk memanaskan mesin di pagi hari dengan menggunakan engkol. Sebab, cara itu dapat membantu menyebarkan oli ke seluruh komponen dalam mesin motor.[viva]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

LAINNYA

Tiga Pertanda Kopling Mobil Minta Diganti
Senin, 04 Jan 2021 | 15:36 WIB
Tiga Pertanda Kopling Mobil Minta Diganti
Tips Istirahatkan Mobil setelah Pergi Liburan
Senin, 04 Jan 2021 | 13:36 WIB
Tips Istirahatkan Mobil setelah Pergi Liburan

KOMENTAR

Motor Sering Hantam Lubang Bikin Aki Cepat Rusak
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top