Selasa, 11 Mei 2021 |
News Gallery - Lifestyle

Motivasi Jadi Alasan Klasik Seseorang Enggan Berolah Raga

Jumat, 11 Nov 2016 | 09:10 WIB Dibaca: 899 Pengunjung

foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Bergerak atau melakukan aktivitas fisik seperti olah raga sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Namun masih banyak orang enggan berolah raga karena sejumlah alasan.

Dokter spesialis kedokteran olah raga dr. Andy Kurniawan, SpKO, mengatakan aktivitas fisik sangat penting untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Namun menurutnya kebiasaan malas bergerak membuat banyak orang mengabaikan hal ini. Padahal olahraga dapat dilakukan kapam saja dan di mana saja.

Berbicara dalam Taiwan Excellence Sports and Leisure Media Conference di Jakarta, Kamis (10/11), Andy memaparkan empat alasan klasik seseorang malas bergerak:

1. Tidak punya waktu
Ini jadi alasan sebagian besar orang yang enggan melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Padahal menurut Andy kegiatan olahraga fisik dapat dilakukab di sela-sela aktivitas. Misalnya luangkan waktu jalan pagi sebelum berangkat bekerja.

2. Tak punya motivasi
Olahraga tentu harus memiliki tujuan dan motivasi. Sebab banyak yang tak mau berolahraga karena mereka tidak memiliki motivasi. Motivasi yang paling baik adalah membuay badan sehat.

3. Tak ada tempat
Banyak yang tak berolahraga karena malas ke pusat kebugaran atau tempat olahraga. Padahal untuk olahraga tak perlu itu. Banyak olahraga sederhana yang bisa dilakukan di rumah, bahkan di sela-sela waktu kerja di meja kantor.

4  Tak punya energi
Alasan satu ini biasanya terjadi pada ibu-ibu. Mereka mengatakan sudah sibuk mengurus anak dan rumah sehingga tak ada energi lagi untuk berolah raga. Padahal ibu bisa berolah raga bersama anak di rumah, bahkan jika anak itu masih balita.

Ada pula orang tua. Banyak dari mereka merasa sudah tua sehingga tak sanggup lagi olah raga. Padahal di masa-masa ini mereka perlu berolah raga untuk menjaga kebugaran mereka.

Sebab Andy mengatakan olah raga dapat menguatkan jantung dan paru-paru. Selain itu kata Andy, jika level kebugaran meningkat maka bisa mengurangi risiko penyakit dan kematian.[05]

Penulis: Rpk
Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Motivasi Jadi Alasan Klasik Seseorang Enggan Berolah Raga
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top