Sabtu, 05 Desember 2020 |
Kesehatan - News Gallery

Minyak Kelapa Bisa Kurangi Gejala Psoriasis

Sabtu, 18 Agt 2018 | 06:31 WIB Dibaca: 826 Pengunjung

Minyak Kelapa.*

[NEWSmedia] - Psoriasis merupakan penyakit autoimun yang menimbulkan gejala berupa  kulit putih bersisik yang terlihat kering. Kadang bercak tebal psoriasis ini memerah jika terjadi peradangan.

Psoriasis berkembang karena sistem kekebalan tubuh salah mengenali sel-sel kulit sebagai materi asing sehingga dirusaknya.

Dampaknya adalah tubuh memerintahkan sel kulit untuk menumbuhkan lebih cepat dari biasanya. Jika pada orang normal sel-sel kulit akan berganti dalam hitungan minggu, maka pada psoriasis sel kulit sudah tumbuh dalam beberapa hari, padahal sel kulit lama belum lepas. terjadilah penumpukan sel-sel kulit yang nampak menjadi bercak tebal di kulit berwarna putih keperakan dan bersisik.

Psoriasis merupakan kondisi kronis yang bisa diturunkan dari keluarga, namun tidak bisa ditularkan. Psoriasis bisa menyerang kulit bagian mana saja, termasuk kulit kepala. Ada sebagian penderita psoriasis yuang juga mengalami penyakit autoimun artritis. Gejala dari psoriasis artritis ini meliputi sendi yang bengkak dan kerusakan pada kuku.

Orang yang mengalami psoriasis artritis mungkin mengalami rasa kaku yang bisa sangat menyakitkan. 30% penderita psoriasis mengalami juga artritis. Sampai saat ini belum ditemukan obat untuk psoriasis, namun ada perawatan yang bisa dilakukan untuk mengurangi gejala. Ada beberapa sumber berita yang menyatakan bahwa psoriasis dapat hilang atau rontok dengan minyak kelapa? Benarkah?

Manfaat Minyak Kelapa

Minyak kelapa terdiri dari 90 persen lemak jenuh. Ini merupakan kandungan lemak yang jauh lebih tinggi daripada lemak pada mentega, atau daging sapi. Minyak kelapa dapat meningkatkan kolesterol HDL atau kolesterol "baik" dan kolesterol "jahat" LDL. Minyak kelapa topikal yang hanya digunakan untuk luar tubuh dan bukan untuk dikonsumsi juga dapat digunakan sebagai perawatan kecantikan, termasuk mengurangi kerontokan rambut, mengurangi stretch mark, melembabkan kulit, dan menghapus makeup. Saat dioleskan pada kulit, minyak kelapa dapat mengurangi peradangan kulit, dan mengatasi kulit kering dengan mempertahankan kadar air di kulit.

Asam lemak pada minyak kelapa juga bermanfaat menenangkan kulit untuk mengobati psoriasis. Minyak kelapa dapat membantu menghaluskan kulit karena mengandung asam laurat, asam kaprat, dan asam kaprilat. Asam laurat memiliki aktivitas antimikroba, yang membantu mengurangi risiko infeksi kulit.

Minyak Kelapa untuk Mengatasi Psoriasis

Psoriasis dapat menyebabkan gatal-gatal dan menimbulkan kulit putih bersisik yang sangat terlihat kering. Dokter spesialis kulit pun biasanya merekomendasikan pasien untuk menggunakan pelembap untuk mengurangi kekeringan.

Minyak kelapa dapat mengurangi kulit yang sangat kering, terutama pada saat cuaca kering atau dingin. Minyak kelapa untuk pelembab biasanya tersedia dalam bentuk lotion atau salep yang mungkin digabungkan dengan bahan lainnya. Menurut National Psoriasis Foundation, minyak kelapa dapat membantu menghilangkan kulit putih bersisik akibat psoriasis di kulit kepala.

Selain itu, minyak kelapa juga dapat menghaluskan atau melembutkan kulit kepala. Dengan begitu, minyak kelapa dapat membantu meredakan gejala psoriasis pada kulit kepala. Namun, tak hanya pada kulit kepala, minyak kelapa juga dapat meredakan gejala psoriasis di bagian kulit lainnya.

Minyak kelapa untuk psoriasis dapat digunakan dalam beberapa cara. Salah satunya dengan mengoleskan minyak kelapa setelah mandi. Biarkan minyak kelapa menyerap sekitar setengah jam. Lakukan ini dua sampai tiga kali sehari untuk memberikan hasil yang diinginkan.

Selain itu, untuk meningkatkan manfaat minyak kelapa ini, pijat ringan kepala dengan minyak kelapa ini. Kemudian bungkus handuk hangat di sekitar kepalamu. Setelah itu, bilas minyak kelapa yang ada di kepala, sambil pijat lagi dengan lembut. Setelah membilasnya, sisirlah rambut untuk mengangkat sisa-sisa sel kulit mati yang ada di kepala.

Pertimbangan dalam Penggunaan Minyak Kelapa

Minyak kelapa dapat dijadikan salah satu alternatif untuk mengobati atau meredakan gejala psoriasis, tapi mungkin tidak efektif untuk semua orang. Jika Kamu memiliki alergi terhadap minyak kelapa, tidak dianjurkan untuk menggunakan minyak ini. Saat menerima gejala semakin memburuk setelah menggunakan minyak kelapa, segera hentikan pengobatan.

Minyak kelapa dapat meredakan gejala psoriasis yang Kamu miliki, tapi tidak mencegah munculnya psoriasis yang baru atau mengobati. Minyak kelapa juga mungkin dapat menggangu masalah kesehatan lainnya. Oleh karena itu, sebaiknya berdiskusi dengan dokter sebelum Kamu menggunakan minyak kelapa. [viva]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Minyak Kelapa Bisa Kurangi Gejala Psoriasis

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top