Rabu, 18 September 2019 |
Kesehatan - News Gallery - Lifestyle

Minum Air Putih yang Berbusa Mengandung Virus Berbahaya!

Sabtu, 19 Agt 2017 | 09:25 WIB Dibaca: 522 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Pernah melihat air putih yang mengandung busa di atasnya? Atau ketika Anda menuangkan air ke botol minum, timbul busa yang hilangnya tidak segera. Awas! Air tersebut mengandung virus berbahaya.

Penelitian terbaru melihat fakta tersebut. Berdasarkan hasil dari pengujian air berbusa, ternyata diketahui air tersebut mengandung virus bernama norovirus. Norovirus sendiri adalah virus yang menyerang alat pencernaan yang bisa menyebabkan infeksi.

Dampak dari paparan virus tersebut adalah muntah-muntah, diare, atau sakit perut. Virus tersebut menyerang cukup mudah. Salah satunya adalah dengan sentuhan tangan, benda, kotoran manusia, atau bekas muntahan dari seseorang yang mengidap virus norovirus. Dilansir dari Dailymail, Sabtu (20/8/2017), 10 penelitian menemukan adanya kaitan antara paparan norovirus dengan penyakit gastrointestinal akut (AGI).

Perlu Anda ketahui sebelumnya, parasit penyebab AGI tidak hanya norovirus, tetapi juga bisa karena Giardia atau Cryptosporidium. Parasit-parasit itu menyebabkan muntah dan diare juga sama dengan norovirus. 

Nah, pada air berbusa, diketahui busa yang ada itu mengadung virus berbahaya. Busa itu merupakan partikel yang tidak terlarut. Partikel semacam itu dapat melindungi patogen terhadap proses desinfeksi air tersebut. Kelembapan air juga mampu menimbulkan busa pada air dan itu pun mengandung patogen berbahaya.

Sementara itu, hubungan antara air berbusa dan penyakit usus dijelaskan peneliti dari Drexel University di Philadelphia. Dalam penelitian tersebut, peneliti menunjukkan adanya hubungan antara air berbusa dan perkembangan masalah AGI.

Busa yang ada di air mampu melindungi patogen dari desinfektan. Makanya itu dikatakan cukup berbahaya bagi kesehatan.

Penulis studi Dr Anneclaire De Roos mengungkapkan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyebaran virus melalui air minum dan menyebabkan masalah AGI masih rendah. Namub, pada beberapa wilayah di Inggris dan Amerika, kasusnya terdeteksi. Jadi, kewaspadaan tetap harus dilakukan. [okz]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Minum Air Putih yang Berbusa Mengandung Virus Berbahaya!

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top