Jumat, 14 Agustus 2020 |
News Gallery - Tekno

Mesin Motor Susah Hidup Usai Dicuci, Coba Cek Komponen Ini

Rabu, 03 Jul 2019 | 12:24 WIB Dibaca: 533 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Agar terlihat resik dan terawat, eksterior sepeda motor perlu dibersihkan dengan cara dicuci. Hal itu bisa dilakukan sendiri di rumah, atau menggunakan jasa cuci yang banyak tersedia.

Namun, proses pencucian sepeda motor tidak bisa sembarangan. Sebab, komponen mesin dan kelistrikannya tidak tertutup seperti pada mobil.

Pada kuda besi yang sudah berumur, risiko air mengenai sistem kelistrikan atau masuk ke dalam komponen mesin cukup besar. Gejala yang paling umum muncul, mesin tidak bisa dihidupkan.

Jika hal itu terjadi, maka ada beberapa komponen yang perlu Anda periksa. Berikut ini daftarnya, dilansir dari 100kpj, Senin 1 Juli 2019.

Apabila sistem pengabutan motor masih memakai karburator, bisa jadi air masuk ke dalamnya. Hal ini mungkin saja terjadi, jika motor menggunakan saringan udara aftermarket yang kualitasnya tidak bagus.

Cara mengatasinya, yakni dengan membuka mangkuk karburator dan membuang bensin maupun air yang mungkin saja masuk melalui celah yang ada.

Komponen lain yang perlu diperiksa, yaitu sistem pengapian. Tutup busi adalah bagian dari sistem ini, yang paling sering bermasalah dengan air. Komponen ini berfungsi melindungi sebagai penghubung ujung kabel dan busi. Jika kondisinya sudah getas atau longgar, air bisa saja merembes masuk.  [viva]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Mesin Motor Susah Hidup Usai Dicuci, Coba Cek Komponen Ini
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top