Minggu, 22 April 2018 |
News Room

Meriah, Pospenas VII Resmi Dibuka Presiden

Minggu, 23 Okt 2016 | 01:42 WIB Dibaca: 946 Pengunjung

Acara pembukaan Pospenas VII di Stadion Maulana Yusuf, Kota Serang, Sabtu (22/10/2016). (Foto: Humas Pemprov Banten)

SERANG, [NEWSmedia] - Presiden Joko Widodo resmi membuka perhelatan Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren (Pospenas) VII 2016 yang diselenggarakan di Provinsi Banten. Pembukaan diselenggarakan di Stadion Maulana Yusuf Ciceri, Kota Serang, Sabtu (22/10/2016) malam.

Pembukaan Pospenas ditandai dengan pemukulan bedug oleh presiden didampingi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani, Menteri Agama Lukman Hakim Syarifudin, Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Imam Nachrowi dan Gubernur Banten Rano Karno.

Nampak juga di panggung kehormatan para perwakilan kepala daerah se-banten, Kanwil Kemenag se-Indonesia, Ketua Umum PPP M Romahurmuzziy, Sekda Banten Ranta Suharta, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) dan tamu undangan lainnya.

Pembukaan Pospenas VII berlangsung meriah, diawali pembacaan Salawat Badar dari ratusan santri. Dilanjut dengan penampilan Marching Band Gita Surosowan, serta defile kontingen Pospenas dari 32 provinsi.

Atraksi Rampak Bedug dan penampilan tarian kolosal dari ratusan pelajar dan santri di Banten yang bertajuk ‘Rembulam di Bumi Santri Surosowan’ juga memukau dan menghibur ribuan penonton yang hadir di stadion kebanggan warga Kota Serang tersebut.

Tidak sedikit warga yang mendokumentasikan atraksi hiburan itu dengan kamera ponsel. Banyak juga para penonton juga nekat naik ke tempat yang lebih tinggi demi menghasilkan gambar yang bagus dan menarik.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi berharap Pospenas melahirkan santri-santri berprestasi. Menurutnya, Indonesia membutuhkan sumber daya manusia yang memiliki daya saing.

"Itulah jihad kebangsaan untuk menjadi bangsa yang tangguh. Saya yakin kita akan semakin optimis untuk jadi bangsa pemenang," kata Jokowi.

Gubernur Banten Rano Karno merasa bangga karena Banten dipercaya sebagai tuan rumah Pospenas VII. Menurutnya, ini menjadi sebuah kehormatan bagi masyarakat Banten.

"Kami ucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat karena Banten dipercaya sebagai tuan rumah dan kepercayaan ini akan kami pegang dan jaga agar penyelenggaran Pospenas berjalan baik," ujarnya.

Gubernur juga berharap, Pospenas ini dapat meningkatkan kepekaan dan meningkatkan rasa sosial para santri.

"Ini menunjukkan bahwa santri tak hanya pandai di bidang agama, namun bidang olahraga. Semoga Pospenas akan memberikan kontribusi berharga bagi kesehatan jasmani dan rohani, sesuai dengan revolusi mental yang digagas Presiden. Mari kita menjadi tuan rumah yang baik dengan ketulusan. Terima kasih atas semua pihak sehingga acara dapat terselenggara dengan baik," ucap Rano.

Pada kesempatan ini Presiden Jokowi juga diberikan Mushaf Alquran dari Menteri Agama yang ditulis oleh para santri. Mushaf tersebut nantinya akan disimpan di Museum Santri Nasional.

Sementara itu, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengungkapkan, Pospenas diadakan sebagai bentuk dukungan pemerintah dalam pengembangan olahraga dan kesenian di pesantren.

Dari Pospenas ini diharapkan lahir atlet dan seniman dari kalangan santri. "Atlet dan seniman yang berprestasi dengan menjunjung tinggi nilai kejujuran," kata Menag. [ifal/hms]

Penulis: Syahrifal
Editor: Arif Darma
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Meriah, Pospenas VII Resmi Dibuka Presiden

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top