Senin, 09 Desember 2019 |
News Gallery

Mereka yang Belari Ratusan Kilometer untuk Amal

Senin, 07 Nov 2016 | 13:34 WIB Dibaca: 589 Pengunjung

Empat orang runners dari komunitas Maem Running Club yang akan turut serta berlari ratusan kilometer untuk amal bagi dunia pendidikan dan anak.*

[NEWSmedia] - Olahraga lari terus berkembang di masyarakat. Bahkan sejak menjadi tren di medio tahun 2013 silam, berlari telah menjadi bagian gaya hidup masyarakat. 

Ajang berlari terus berevolusi, tidak sekadar bagian dari gaya hidup sehat. Tapi juga ajang lari yang mengombinasikan dengan berbagai elemen. Mulai dari pariwisata, musik, juga sosial. 

Untuk elemen yang terakhir, salah satu event yang rutin bergulir adalah "Nusantarun", yakni ajang berlari yang mengedepankan misi sosial untuk berdonasi. "Nusantarun" adalah gerakan berlari dimana semua peserta bisa memberikan kontribusi dan manfaat pada orang lain. 

"Nusantarun" menjadi titik tamu antara kecintaan pada olahraga lari dengan kecintaan terhadap Indonesia, untuk menunjukkan apa yang bisa kita lakukan untuk orang lain dan membantu sesama. 

Setidaknya ada tiga hal mendasar dalam "Nusantarun". Pertama adalah untuk mengunjungi bentangan alam Indonesia. Tidak dipungkiri bahwa banyak landmark yang indah di seluruh Indonesia yang harus dikenalkan pada masyarakat, baik Indonesia maupun dunia internasional. 

Kedua, bahwa masih banyak orang di luar sana yang memiliki jiwa mulia untuk membantu sesama, yang ingin memberikan sebagian waktu, uang atau keterampilan yang mereka miliki untuk orang lain. "Nusantarun" akan menjadi salah satu sarana yang dapat dipilih masyarakat melalui cara berlari, donasi uang atau bahkan menjadi relawan. 

Sementara yang terakhir adalah terus memperkenalkan gaya hidup sehat melalui lari di Indonesia. 

"Nusantarun" rutin digelar sejak tahun 2013. Chapter pertama digelar pada 28 Desember dengan menempuh jarak 53,5 kilometer dari Monumen Nasional (Jakarta) ke Kebun Raya Bogor. Dalam chapter pertama ini, donasi yang berhasil dikumpulkan mencapai Rp 137 juta dan disumbangkan ke Yayasan Care 4 Kids Indonesia. 

Chapter kedua berlangsung pada 20 hingga 21 Desember 2014 dengan jarak lari 118 kilometer dari kota Bogor menuju Bandung. Donasi yang terkumpul lebih besar, yakni Rp 548.894.462,-. 

Sedangkan chapter ketiga menempuh jarak 135 kilometer dari Bandung hingga Cirebon. Dana yang terkumpul digunakan untuk donasi paket pendidikan seribu anak asuh selama tiga tahun tingkat SDN dan SMPN dari 16 sekolah yang tersebar di Kota Bandung, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Cirebon dan Kota Cirebon. 

Sedangkan untuk chapter keempat akan berlangsung akhir tahun ini akan menempuh jarak 145 kilometer dari Cirebon ke Purwokerto. 

Dari puluhan pelari yang selalu turut serta dalam "Nusantarun", termasuk pada chapter keempat tahun ini, adalah mereka runner dari komunitas "Maem Running Club (MRC)". Untuk tahun ini ada empat runner yang akan ambil bagian. [05]

Penulis: Lpt
Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Mereka yang Belari Ratusan Kilometer untuk Amal

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top