Selasa, 15 Juni 2021 |
Kesehatan - News Gallery

Menumis Masakan Ternyata Bisa Ancam Kesehatan

Rabu, 22 Nov 2017 | 06:32 WIB Dibaca: 842 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Masakan yang ditumis mungkin merupakan pilihan yang sehat. Namun, cara memasak ini ternyata bisa memperburuk kesehatan. Kenapa?

Saat menumis, partikel lemak mikroskopis--yang tidak bisa dilihat mata-menguap ke udara. Partikel yang bernama aerosol ultrafine ini bisa berbahaya bila terhirup. Temuan berbahaya soal menumis ini dilakukan peneliti di Texas Tech University dan Utah State University.

Peneliti menganalisis minyak yang dipanaskan di penggorengan, lalu mencatat apa yang terjadi saat air ditambahkan.

Hasil temuan terbilang sangat dramatis. Air menyebabkan ledakan lemak (pada minyak), yang membuat tetesan minyak menguap ke udara.

Tumisan seperti ayam atau masakan Tiongkok berisiko tinggi terjadinya ledakan lemak. Ini karena daging unggas dan sayuran mengandung banyak air.

Polusi udara di dalam ruangan

Pelepasan lemak ke udara juga menimbulkan polusi udara di dalam ruangan.

"Sudah diketahui, kematian jutaan orang di seluruh dunia terjadi karena polusi udara di dalam ruangan. Namun, kami belum tahu, seberapa banyak dari mereka yang memasak di dapur dengan ventilasi buruk," kata Jeremy Marston, asisten profesor di Texas Tech University.

Penelitian ini sangat relevan dengan metode memasak ala Tiongkok, yang lebih banyak menggunakan cara menumis, yaitu saat air ditambahkan ke wajan panas, yang menyebabkan ledakan minyak ke udara.

Lebih lanjut, para peneliti berencana melakukan studi terperinci untuk mengukur, seberapa besar pengaruh aerosol (pertikel padat di udara) di dapur terhadap polusi udara dalam ruangan.

"Pada akhirnya, kami berharap penelitian jadi acuan untuk memperbaiki sistem ventilasi dapur, yang menghilangkan aerosol ultrafine ini," ujar Marston.

Temuan penelitian ini dipresentasikan pada pertemuan tahunan ke-70 American Physical Society's Division of Fluid Dynamics di Denver, Colorado. [lpt]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Menumis Masakan Ternyata Bisa Ancam Kesehatan
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top