Jumat, 04 Desember 2020 |
News Room

Menteri PUPR Sebut Bendungan Sindangheula Bisa Jadi Objek Wisata Baru di Banten

Rabu, 30 Agt 2017 | 20:32 WIB Dibaca: 1076 Pengunjung

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadi Muljono dan Gubernur Banten Wahidin Halim di lokasi proyek bendungan Sindangheula, Rabu (30/8/2017).*

SERANG, [NEWSmedia] - Bendungan Sindangheula di Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, Banten yang dibangun pemerintah pusat, ditarget selesai dibangun tahun depan. Selain untuk kebutuhan perairan, bendungan tersebut juga bisa menjadi objek wisata baru di Banten.

Demikian hal tersebut diungkapkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadi Muljono saat meninjau lokasi pembangunan proyek bendungan Sindangheula, Rabu (30/8/2017).

Basuki menjelaskan, Bendungan Sindangheula ditargetkan mampu menampung air sebanyak 10 juta meter kubik yang mampu mengairi 1000 hektare lahan pertanian dan menghasilkan air baku sebesar 0,8 meter kubik per detik.

Bahkan, kata dia, Bendungan Sindangheula bisa menampung air banjir di sepanjang Sungai Cibanten dan menjadi akses wisata baru di Banten.

"Paling tidak menghidupkan suasana Banten yang dianggap kurang dinamis. Tadinya waduk, jalan, mampu memberikan semangat baru, bisa dijadikan multi fungsi," tutur Basuki Hadi Muljono.

Kedatangan Menteri PUPR ke proyek Bendungan Sindangheula tersebut untuk memastikan bahwa progres pembangunan salah satu proyek strategis nasional itu berjalan dengan baik.

"Ini mulai dibangun 2015 dan mudah-mudahan selesai tahun depan (2018-red). Karena kita sudah bikin tugu bendungannya. Saya kira progresnya sekarang sudah 36 sampai 37 persen," ujarnya.

Selain Bendungan Sindangheula, Menteri PUPR dan Gubernur Banten juga meninjau proyek pembangunan Waduk Karian di Kabupaten Lebak. Waduk Karian juga termasuk salah satu proyek strategis nasional di Provinsi Banten.

Menurut Gubernur Banten Wahidin Halim, waduk Sindangheula merupakan proyek penting di Provinsi Banten. Bendungan yang diperkirakan mampu menampung air hingga 10 juta meter kubik tersebut, kata dia, bisa memenuhi air untuk kebutuhan pertanian di beberapa daerah di Provinsi Banten.

"Waduk ini bisa membantu produksi pertanian di Provinsi Banten, yang biasanya dua kali, mungkin setelah ini bisa tiga kali," ujarnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Arif Darma
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Menteri PUPR Sebut Bendungan Sindangheula Bisa Jadi Objek Wisata Baru di Banten
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top