Rabu, 03 Juni 2020 |
News Room - Ekonomi

Mentan Klaim Produksi Beras Capai 4 Juta Ton

Selasa, 20 Feb 2018 | 07:01 WIB Dibaca: 327 Pengunjung

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman.*

JAKARTA, [NEWSmedia] - Kementerian Pertanian (Kementan) memperkirakan produksi beras pada Februari ini mencapai 4 juta ton. Dengan demikian, diharapkan bisa membantu menurunkan harga beras di pasaran.

Menteri Pertanian (Mentan), Amran Sulaiman mengatakan, sepanjang bulan ini diperkirakan ada 1,6 juta hektare (ha) sawah yang memasuki masa panen. Dari luas lahan tersebut diperkirakan menghasilkan 4 juta ton beras.

"Rencana panen Februari 1,6 juta ha. Katakan lah 8 juta ton, 9 juta ton (gabah kering giling). Bagi dua, 4 juta ton (beras). Konsumsi kan 2,5 juta ton sebulan," ujar dia di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (19/2/2018).

Menurut Amran, selain di Februari ini, masa panen masih akan berlangsung pada Maret dan April mendatang. Panen tersebut diharapkan bisa diserap oleh pengusaha swasta dan Perum Bulog, sehingga menurunkan harga beras.

"Sekarang juga Maret, April. Jadi gini, paradigma yang harus kita ubah adalah paradigma lama nih. Hari ini tiap hari panen, tiap hari tanam, tiap hari ngolah. Inikan pola panen itu gini, Januari muncak, Februari, Maret, April panen muncak. Mei, turun lagi. Yang terpenting adalah rata-rata 1 juta per bulan. Sehingga cukup, tidak pernah shortage, kayak dulu, ada paceklik dan seterusnya," jelas dia.

Selain itu, Amran juga menyatakan harga beras di sejumlah daerah kini mulai mengalami penurunan. Sebagai contoh di Surakarta dan Kupang saat ini harga beras berada di kisaran Rp 10 ribu per kg.

"Ini di Jawa Tengah, Surakarta. Ini harga beras turun Rp 10 ribu. Di Kupang Rp 10 ribu. Masa di Kupang Rp 10 ribu, harusnya di sini lebih rendah lagi kan," tandas dia. [lpt]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Mentan Klaim Produksi Beras Capai 4 Juta Ton
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top