Jumat, 22 Juni 2018 |
News Room - Pemerintahan

Mensos Minta Pemerintah Daerah Rajin Cek Kondisi Masyarakat

Rabu, 14 Mar 2018 | 18:47 WIB Dibaca: 184 Pengunjung

Menteri Sosial, Idrus Marham saat kunjungan kerja di Kota Serang, Rabu (14/3/2018)*

SERANG, [NEWSmedia] - Menteri Sosial, Idrus Marham meminta kepala daerah agar rajin-rajin mengecek data masyarakat yang memenuhi syarat untuk menerima bantuan sosial (bansos).

Sebab menurutnya, jika perbaikan data dapat dilakukan dengan baik, maka kondisi rakyat akan bisa lebih terantisipasi dengan baik.

"Saya minta kepala daerah agar rajin-rajin menyisir data rakyat. Kalau rajin disisir, maka pasti bisa mendapatkan bantuan pada saat terjadi kebutuhan mendesak," kata Idrus Marham, saat kunjungan kerja di GOR Ciceri, Kota Serang, Rabu (14/03/2018).

Idrus mengungkapkan, jika masyarakat sudah terdata dengan baik, tidak menutup kemungkinan masyarakat tersebut bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah.

"Misalnya,  Program Keluarga Harapan (PKH). Maka kebutuhan-kebutuhan mendesaknya bisa terpenuhi. Kami sudah meminta pendamping, TKSK, dan  kepala daerah agar menyisir warga dan memperbaharui data itu. Posisi kementerian adalah menetapkan data dari daerah setiap enam bulan," terangnya.

BACA JUGA: Di Kota Serang, Menteri Sosial Bagi-Bagi Bantuan Program Pemerintah

Idrus menjelaskan, merujuk pada Undang-undang Nomor 13 Tahun 2011 tentang Penanganan Fakir Miskin diatur alur verfikasi dan validasi data secara berjenjang dari tingkat kelurahan sampai tingkat provinsi, kemudian disampaikan ke Kementerian Sosial.

"Jadi lakukan penyisiran dan perbaharui datanya. Bagi warga yang memenuhi syarat, hampir pasti mereka akan dapat bantuan seperti rastra sebanyak 10 kg, kemudian bantuan lain seperti  Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Indonesia Pintar (KIP)," ungkapnya.

Idrus juga mengingatkan pesan Presiden Joko Widodo yang patut diperhatikan para penyelenggara negara, agar memastikan negara hadir bila rakyat membutuhkan bantuan

"Jangan sampai rakyat yang membutuhkan bantuan tidak terlayani, jangan pernah ada anak bangsa yang kena bencana tidak diurusi, yang tidak mampu terabaikan, pemerintah harus hadir di situ," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Mensos Minta Pemerintah Daerah Rajin Cek Kondisi Masyarakat

BERITA TERKAIT

paslon 1 paslon 2 paslon 3 NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top