Jumat, 20 Juli 2018 |
News Room - Pemerintahan

Menpan RB Larang Kendaraan Dinas Dipakai Mudik

Rabu, 06 Jun 2018 | 12:21 WIB Dibaca: 158 Pengunjung

Menpan RB, Asman Abnur.*

JAKARTA, [NEWSmedia] - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur menerbitkan Surat Edaran Nomor B/21/M.KT.02/2018 tentang larangan bagi pegawai negeri sipil ( PNS) menggunakan mobil dinas untuk mudik dan larangan menerima hadiah bagi PNS.

Menurutnya, surat edaran tersebut diterbitkan untuk penegakan disiplin PNS dan untuk menjamin pelayanan publik agar tetap berjalan secara optimal.

"Pimpinan instansi pemerintah agar melarang penggunaan fasilitas dinas, seperti kendaraan dinas untuk kepentingan kegiatan mudik," kata Asman dalam keterangan resminya, Rabu (6/6/2018).

Asman menjelaskan, dalam SE itu dinyatakan, cuti bersama selama tujuh hari untuk Hari Raya Idul Fitri 1439 H, dinilai sudah cukup.

"Untuk  itu, diimbau kepada para pimpinan instansi pemerintah tidak memberikan cuti tahunan sebelum dan sesudah pelaksanaan cuti bersama kepada PNS di lingkungan instansi pemerintah masing-masing, kecuali dengan alasan penting," jelasnya.

Asman menuturkan, dalam SE tersebut juga ditegaskan larangan bagi PNS menerima hadiah sebagaimana diatur dalam Pasal 4 Angka 8 PP No. 53/2010 tentang Disiplin PNS.

"PNS dilarang menerima hadiah atau suatu pemberian apa saja dari siapapun juga yang berhubungan dengan jabatan dan/atau pekerjaannya," tuturnya.

Asman juga meminta agar setelah pelaksanaan cuti bersama berakhir, pimpinan instansi dapat memastikan seluruh aktivitas instansi pemerintah harus sudah berjalan normal, utamanya dalam penyelenggaraan pelayanan publik.

"Pimpinan instansi juga harus melakukan pemantauan dan evaluasi atas pelaksanaan SE itu dan meneruskannya kepada seluruh jajaran instansi pemerintah masing-masing sampai ke unit organisasi yang paling rendah," pungkasnya. [kps]

Editor: Ahmad Hifni
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Menpan RB Larang Kendaraan Dinas Dipakai Mudik
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top