Senin, 30 Maret 2020 |
News Room - Politik

Menkopolhukam: Perjuangan Mengamankan Pilkada Sehat Sangat Berat

Selasa, 04 Okt 2016 | 20:30 WIB Dibaca: 725 Pengunjung

Wiranto.*

JAKARTA, [NEWSmedia] - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto berharap, pemilihan kepala daerah (pilkada) 2017 berjalan aman dan tertib. Dia pun meminta semua pihak mematuhi aturan yang berlaku saat pilkada serentak di 101 daerah itu berlangsung.

"Tentu pemerintah berharap pilkada ini dapat berjalan dengan baik, aman, tertib dan sukses. Aman, tidak ada gangguan dari manapun. Tertib karena semua mematuhi aturan yang berlaku. Sukses karena kita bisa memilih pemimpin yang betul-betul berkompeten," kata Wiranto saat menghadiri Musyawarah Kerja Nasional I Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Jakarta, seperti dilansir Antara, Selasa (4/10/2016).

Menurut dia, demokrasi dapat dilaksanakan dengan aman, apabila suatu bangsa masuk ke zona keamanan ekonomi berdemokrasi. Ada satu ukuran untuk menunjukkan zona keamanan ekonomi untuk demokrasi tersebut, yakni pendapatan per kapita manusia di sebuah negara yang melaksanakan demokrasi, US$ 6.600 per tahun.

Pada tingkatan pendapatan per kapita seperti itu, warganya dinilai memahami arti demokrasi dan hak politik. Teorinya, mereka tidak akan tergiur dengan politik uang yang mendorong praktik kecurangan dalam pilkada.

Sementara, pendapatan per kapita warga Indonesia sekitar US$ 3.000 per tahun. Oleh karena itu, kata dia, perjuangan untuk mengamankan pilkada yang sehat, sangat berat.

"Ini tantangan bagi kita semua," ujar Wiranto.
    
Namun, dia menyakini Bangsa Indonesia akan semakin meningkat perekonomiannya, sehingga masyarakat makin memahami hak politik dan demokrasi. [Lip6/03]

Penulis: Nm
Editor: Redaktur-02
Publisher: newsmedia.co.id
Bagikan:

KOMENTAR

Menkopolhukam: Perjuangan Mengamankan Pilkada Sehat Sangat Berat
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top