Sabtu, 22 Februari 2020 |
News Room - Info Mudik 2017

Menkes Tinjau Kesiapan Pos Kesehatan Mudik di Pelabuhan Merak

Selasa, 20 Jun 2017 | 12:41 WIB Dibaca: 771 Pengunjung

Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek meninjau pos kesehatan arus mudik di Pelabuhan Penyeberangan Merak, Banten. Selasa (20/6/2017)

CILEGON, [NEWSmedia] - Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek meninjau pos kesehatan arus mudik di Pelabuhan Penyeberangan Merak, Banten. Dimana sebelumnya lebih dulu mengunjungi posko kesehatan di rest area Kilometer 68 Jalan Tol Tangerang-Merak. Selasa (20/6/2017).

Menkes melihat secara langsung kesiapan dan fasilitas kesehatan yang berada di posko kesehatan di jalur mudik, mengecek kesiapan dan ketersediaan obat-obatan serta alat kesehatan di posko kesehatan di Dermaga VI. 

“Pos kesehatan sangat diperlukan masyarakat, karena dalam arus mudik Lebaran, risiko terjadinya kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan cedera dan meninggal dunia cukup tinggi,” katanya.

Nila meminta kepada petugas Basarnas yang berada di lapangan untuk bekerja sama dengan pihak kesehatan pelabuhan, untuk memenuhi fasiitas obat-obatan yang dibutuhkan. Fasilitas kesehatan di dalam kapal roro yang beroperasi selama arus mudik ini juga tidak luput dari pantauan menteri.

"Tadi kami juga melihat pos-pos apa yang siap, dari kesehatan kita punya namanya kantor kesehatan pelabuhan. Di situ memang kita siap untuk kesehatan. Tapi memang ini Basarnas yang baru kita lihat. Basarnas ini dia kan bekerja kalau ada sesuatu dan langsung di laut, tapi juga sebenarnya harus bekerja sama dengan kesehatan," tuturnya. 

Pada kesempatan tersebut, Menkes juga mengharapkan dukungan dari semua sektor, baik  kementerian atau lembaga, serta Pemerintah Daerah setempat bersama seluruh masyarakat untuk menyukseskan upaya peningkatan pelayanan, terutama upaya promotif-preventif.

“Upaya ini dimaksudkan agar para pemudik tetap menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Kemenkes pun menyediakan pesan penyuluhan yang dapat disebarluaskan melalui media cetak dan elektronik,” katanya.

Selain itu, disediakan pula spanduk, leaflet, tips kesehatan, peta jalur mudik, serta penyediaan informasi online yang dapat diakses langsung oleh masyarakat melalui situs resmi Kementerian Kesehatan www.kemenkes.go.id atau Halo Kemenkes di nomor 1500567 disertai kode area.

Sementara itu, Kemenkes juga menyediakan fasilitas pelayanan kesehatan di sepanjang jalur mudik Lebaran. Hal itu masih pula ditambah pelayanan kesehatan di Pos Kesehatan. Pada Lebaran tahun 2017 ini, Kemenkes menyiagakan 3826 pos kesehatan lapangan hingga H +7 nanti.

“Saya menghimbau kepada pemudik, khususnya pemudik yang menggunakan sepeda motor agar tidak membawa beban berlebih supaya tidak menimbulkan masalah saat dalam perjalanan, serta selalu berharap agar para pemudik menjaga kesehatan, memelihara daya tahan tubuh, selamat sampai tujuan dan melaksanakan hari raya idul fitri bersama keluarga,” katanya. [Red/Firman]

Penulis: Red/firman
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Menkes Tinjau Kesiapan Pos Kesehatan Mudik di Pelabuhan Merak
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top