Minggu, 22 Oktober 2017 |
News Gallery - Lifestyle

Menjadi Ibu Harus Dimulai dari Sejak Kecil

Jumat, 03 Mar 2017 | 09:29 WIB Dibaca: 382 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Menjadi seorang ibu memang tidak memiliki sekolah khusus. Namun, bukan berarti menjadi ibu tidak ada pembelajarannya.

Psikolog Tika Bisono menyatakan jika menjadi ibu dapat dipelajari meski melalui cara informal. Cara ini dimulai ketika perempuan itu dilahirkan oleh ibunya.

Mentor ibu merupakan ibu mereka sendiri sebab belajar tidak melulu masalah sekolah formal. Ibu menjadi sosok pertama yang dekat dan terlihat untuk ditiru perilakunya, bahkan pola asuh yang diterapkan.

"Guru yang baik akan memproduksi anak yang baik dan guru yang jelek juga akan menghasilkan anak yang sama," kata Tika dalam acara kampanye "Balikkan Ember", Kamis (2/3).

Ketika sosok ibu tidak memberikan contoh yang baik oleh anaknya maka pengkoreksian dapat dilakukan ketika anak sekolah. Tika mengatakan, sekolah dan lingkungan diharapkan dapat memberikan efek positif ketika seseorang itu dibesarkan oleh ibu yang kurang peka dan mengerti menjadi sosok yang baik.

Tapi, jangan benyak berharap dari sekolah dan lingkungan. Sebab tidak selalu sekolah dan lingkungan memberikan hal positif untuk membentuk seseorang menjadi sosok ibu yang tangguh sehingga pembentukan diri sebagai ibu sudah mesti dibentuk sejak kecil. [rpk]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Menjadi Ibu Harus Dimulai dari Sejak Kecil

BERITA TERKAIT

Top