Minggu, 05 Juli 2020 |
Pariwisata - News Gallery

Menikmati Pesona Baby Island, Pulau Ribuan Burung Camar di Aceh

Rabu, 25 Apr 2018 | 16:01 WIB Dibaca: 540 Pengunjung

Keindihan pulau baby island.*

[NEWSmedia] - Bagi Anda yang suka dengan pulau, lalu dipenuhi burung-burung beterbangan. Destinasi itu bernama Baby Island. Sebuah pulau yang terletak di kecamatan Pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh.

Masyarakat setempat akrab menyebutnya Baby Island. Pulau itu tidak berpenghuni, namun menyimpan panorama pantai yang memanjakan mata. Pulau mungil itu hanya berukuran setengah dari lapangan voli. Dan menjadi tempat persinggahan bagi ribuan burung camar. Suguhank itu sungguh memanjakan mata.

Dulu, pulau itu ditumbuhi beberapa pohon kelapa. Namun, ketika tsunami memporak-porandakan Aceh pada 2004 silam, serta gempa tektonik mengguncang Nias pada 2005 membuat pulau itu hilang tenggelam karena penurunan daratan.

Sejak peristiwa itu, Baby Island tidak lagi terlihat pandangan mata dari perairan Pulau Banyak. Tenggelam bertahun-tahun, baru pada 2014 pulau itu muncul kembali. Namun pulau itu baru bisa kelihatan ketika air laut pasang surut. Yang menampakkan bentuknya hanya berupa dataran pasir putih halus, pasir khas Pulau Banyak.

“Pulau ini hanya bisa kita lihat sekitar pukul 12.00 WIB dan hanya beberapa jam saja, ketika air pasang naik, pulau itu tidak lagi nampak,” kata salah seorang pegiat wisata di Pulau Banyak, Novri

Hal unitknya, Novri menyebutkan, ketika pulau itu menampakkan diri, ribuan burung camar pun ikut menjadi kan dataran pasir itu menjadi tempat persinggahan. Burung itu singgah dalam jumlah banyak, mencapai ribuan. Tentu hal itu membuat panorama di pulau itu menjadi menakjubkan dan indah.

Seakan-akan, para burung camar menunggu wisatawan yang hadir untuk melihatnya atau bahkan memotret kawanan burung itu dengan telepon genggam atau kamera. Tak jarang juga, pengunjung berpose dengan latarbelakang ribuan burung camar.

‘’Sementara di pinggir pulau itu, pengunjung juga bisa melakukan snorkeling, sambil menunggu air laut pasang naik hingga menutupi permukaan Baby Island,’’ ungkap Novri.  [okz]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Menikmati Pesona Baby Island, Pulau Ribuan Burung Camar di Aceh
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top