Sabtu, 25 Mei 2019 |
News Room - Internasional

Menhan Korut Dipecat Kim Jong Un

Jumat, 03 Feb 2017 | 17:50 WIB Dibaca: 1794 Pengunjung

Mantan Menhan Korut Kim Won Hong yang dipecat.*

PYONGYANG, [NEWSmedia] - Dituduh melakuan korupsi, penyalahgunaan wewenang, dan pelanggaran hak asasi manusia. Menteri kemananan Korea Utara Kim Won Hong yang selama ini dianggap sebagai pembantu kunci Presiden Kim Jong Un, dipecat oleh Pemerintah Korea Utara.

Menteri Unifikasi Korea Selatan Jeong Joon-hee, Jumat (3/2/2017), tidak menjelaskan bagaimana pemerintah Korea Selatan mendapatkan informasi soal pemecatan itu. Joon-hee hanya mengatakan, kemungkinan masih akan ada pemecatan pejabat tinggi karena sejumlah pejabat di kementerian keamanan negara masih dalam pemeriksaan.

"Selalu ada kemungkinan bahwa pembersihan masih berlanjut di Korea Utara sebagai bagian dari upaya memperkokoh kekuasaan," kata Joon-hee.

Won Hong dipecat akibat dituduh melakuan korupsi, penyalahgunaan wewenang, dan pelanggaran hak asasi manusia. Sejak berkuasa pada 2011 menggantikan ayahnya, Kim Jong Un melakukan konsolidasi kekuasaan dengan melakukan pembersihan dan eksekusi sejumlah pejabat tinggi negara.

Tahun lalu, wakil perdana menteri urusan pendidikan dikabarkan dieksekusi karena tak bisa berdiri tegak saat menghadiri sebuah acara publik. Demikian pula Jang Song Taek, yang dianggap sebagai orang nomor dua di Korea Utara, dikabarkan telah dieksekusi pada 2012.

Nama lain yang dikabarkan telah dieksekusi adalah mantan menteri pertahanan Hyun Yong Chol. Kabarkan Yong Chol dieksekusi pada 2015 dengan cara ditembak senjata anti-pesawat udara. Namun untuk memverifikasi semua kabar semacam itu secara independen sangat sulit. Sebab, sejumlah laporan terkait eksekusi petinggi Korea Utara sebelumnya terbukti tidak akurat. [kdc]

Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Menhan Korut Dipecat Kim Jong Un
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top