Selasa, 02 Maret 2021 |
Kesehatan - News Gallery

Menguak Penyebab Sindrom Mata Kering

Rabu, 07 Mar 2018 | 00:03 WIB Dibaca: 701 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Pernahkah Anda merasa mata merah dan disertai panas? Ini bisa jadi tanda, Anda mengalami kondisi sindrom mata kering.

Mata Kering, penyakit yang juga disebut keratoconjunctivitis sicca atau sindrom mata kering ini adalah kondisi mata yang mengalami kekurangan cairan akibat air mata yang mudah menguap atau produksi air mata yang terlalu sedikit.

Kondisi mata kering ini bisa terjadi karena beberapa hal seperti perubahan hormon pada wanita hamil, proses penuaan, obat-obatan, aktivitas sehari-hari seperti menatap layar monitor terlalu lama dan juga faktor lingkungan dimana banyak debu, asap, angin dan lain-lain.

Spesialis Mata, Dr Darwan Triyono, Sp.M mengatakan, penyakit ini merupakan penyakit degeneratif. Saat usia 40 tahun, seseorang mulai berisiko menderita mata kering. "Faktor usia paling utama jadi penyebab mata kering," katanya.

Dr Darwan juga mengatakan, wanita menopause dan penderita kencing manis juga sangat berisiko menderita masalah kesehatan mata ini. Tak terkecuali juga untuk mereka pemakai lensa kontak, hingga orang yang mengalami operasi lasik.

Sebagai solusi agar mata tidak kering, akan lebih baik, selalu sedia air mata buatan. "Untuk yang cepatnya mengatasi mata kering yaitu menggunakan air mata buatan, komposisi nya dibuat semirip mungkin dengan air mata asli, jadi bisa digunakan untuk melembabkan mata." [viva]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Menguak Penyebab Sindrom Mata Kering

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top