Sabtu, 24 Juli 2021 |
Kesehatan - News Gallery

Menguak Fakta di Balik Mitos soal Menstruasi

Sabtu, 19 Des 2020 | 06:19 WIB Dibaca: 5446 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Kala berbicara soal menstruasi ada beragam mitos yang muncul di tengah masyarakat. Mulai dari tidak boleh minum-minuman dingin, bahkan tidak boleh keramas atau cuci rambut

Mitos yang tak terbukti kebenarannya ini sering kali menyesatkan dan membuat banyak orang khawatir karena salah informasi.

Untuk itu, kenali fakta-fakta di balik mitos terkait menstruasi berikut ini:

1. Darah menstruasi darah kotor

Darah saat menstruasi bukanlah darah kotor. Saat menstruasi, tubuh tidak bertugas untuk mengeluarkan darah kotor. Organ tubuh yang bertugas menyaring darah kotor adalah ginjal.

"Ini bukanlah darah kotor, sama saja darah yang keluar saat menstruasi dengan darah dari hidung misalnya," kata Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dr Hasto Wardoyo dalam webinar, beberapa waktu lalu.

Untuk itu, dapat dikonfirmasi bahwa darah menstruasi kotor adalah mitos.

2. Tidak boleh keramas

Saat menstruasi, perempuan sering kali dilarang untuk keramas karena disebut akan menghambat darah yang keluar.

Padahal, tak ada hubungannya antara keramas dan menstruasi. Jadi, setiap perempuan yang sedang haid boleh untuk keramas.

"Tidak ada hubungannya secara medis antara keramas dan menstruasi," kata Hasto yang merupakan dokter spesialis kandungan dan kebidanan.

Untuk itu, dapat dikonfirmasi bahwa tidak boleh keramas saat menstruasi adalah mitos.

3. Tidak boleh minum air dingin

Minum air dingin disebut dapat membuat darah menstruasi membeku. Faktanya, saluran pencernaan berbeda dengan rahim. Air yang dingin juga akan dinetralkan oleh tubuh.

Untuk itu, tidak ada hubungan antara minum air dingin dengan menstruasi. Dan larangan minum air dingin saat menstruasi adalah mitos.

4. Tidak boleh berolahraga

Sebagian orang akan melarang untuk berolahraga karena dapat membuat tubuh lemas. Faktanya, olahraga justru disarankan bagi orang yang menstruasi.

Olahraga dapat meningkatkan suasana hati dan membuat tubuh tetap bugar saat menstruasi.

5. Minum soda melancarkan darah menstruasi

Sebagian orang menyarankan untuk meminum soda agar darah menstruasi keluar lebih lancar.

Namun, faktanya belum ada penelitian mengenai efek minum soda terhadap menstruasi. Sehingga, mitos minum soda dapat melancarkan darah menstruasi tidak dapat dibuktikan kebenarannya. [cnn]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Menguak Fakta di Balik Mitos soal Menstruasi
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top