Minggu, 16 Mei 2021 |
Kesehatan - News Gallery

Mengenali Kista Ovarium, Kondisi yang Sering Tak Disadari

Minggu, 01 Jul 2018 | 06:32 WIB Dibaca: 985 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Kista ovarium, cairan penuh busa yang muncul di dalam atau di atas ovarium adalah salah satu komplikasi yang cukup umum terjadi pada wanita. Bahkan, banyak wanita yang memilikinya, tapi mereka tidak sadar.

"Banyak wanita memiliki kista ovarium saat menstruasi dan sama sekali tidak menyadarinya," kata Alyssa Dweck, M.D., asisten profesor klinis di Mount Sinai School of Medicine.

Kista menjadi isu ketika ukuran mereka jadi terlalu besar (yang biasa disebut torsi ovarium dan bisa berujung hilangnya ovarium Anda) atau ketika mereka pecah. "Mereka bisa bocor atau pecah atau terpelintir, dan hal ini bisa menimbulkan rasa sakit yang parah," lanjut Dweck.

Setiap kali Anda berovulasi, hal ini bisa memicu terbentuknya kista, Dweck menjelaskan. "Hal ini mungkin lebih umum dibanding yang kita thau, karana tak selalu ada simtom," lanjut Dweck. Jadi, banyak wanita yang bahkan tak akan menyadari mereka memilikinya sampai terjadi sesuatu.

Untuk lebih memahami kemungkinan Anda memiliki kista ovarium, dokter Anda akan melakukan diagnosis menggunakan ultrasound, kecuali Anda mengembangkan suatu simptom - dan tak banyak yang bisa Anda lakukan untuk mencegah pecah atau kebocorannya.

"Satu-satunya hal yang telah terbukti bisa mencegah kista adalah pil KB," ujar Dweck. Jadi, jika ternyata Anda rentan memiliki kista, pil KB adalah kontrasepsi terbaik bagi Anda. Hormon yang ditemukan dalam kontrasepsi IUD (spiral) bisa sedikit meningkatkan formasi kista, kata Dweck.

Hal lainnya yang berisiko besar membuat kista pecah? Seks. "Jadi jika Anda berhubungan seks saat ovulasi dan Anda memiliki kista yang besar, ada risiko kista Anda pecah," ujar Dweck.

Perawatan kista sangat beragam. Beberapa wanita bisa melaluinya hanya dengan obat penghilang rasa sakit atau kompres panas, sementara wanita lain membutuhkan operasi.

Jika Anda merasa Anda mungkin memiliki atau berisiko menghadapi kista ovarium, bicarakan pada dokter Anda mengenai cara penanganan yang paling baik. [lpt]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Mengenali Kista Ovarium, Kondisi yang Sering Tak Disadari
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top