Rabu, 28 Oktober 2020 |
News Room

Mengenal KTP Anak, Syarat dan Tata Cara Mendapatkannya

Rabu, 18 Okt 2017 | 06:47 WIB Dibaca: 1360 Pengunjung

Ilustrasi.*

SERANG, [NEWSmedia] - Salah satu program yang baru dari pemerintah saat ini adalah Program Kartu Indonesia Anak (KIA) atau KTP Anak. Rencananya, program KTP Anak tersebut mulai berlaku secara nasional pada tahun 2019.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Kependudukan dan Keluarga Berencana (DP3AKKB) Provinsi Banten, Sitti Ma'ani Nina mengatakan, berdasarkan Permendagri Nomor 2 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak (KIA), diterbitkan untuk mendorong peningkatan pendataan, perlindungan, dan pemenuhan hak konstitusional anak.

"KTP anak ini terdiri dari dua jenis. Yaitu untuk anak yang berusia 0-5 tahun dan untuk anak 5 sampai 17 tahun," kata Nina saat ditemui di ruang kerjanya,  Selasa (17/10/2017).

Ia menjelaskan, bagi anak warga negara Indonesia (WNI) yang baru lahir, KTP Anak akan diterbitkan bersamaan dengan penerbitan akte kelahiran. Untuk anak-anak usia 0-5 tahun, syarat pembuatan KIA adalah fotokopi akta kelahiran, KK orangtua/ wali, serta KTP orangtua/ wali.

"Sementara, bagi anak yang telah berusia 5 sampai 17 tahun, persyaratan tadi ditambah dengan foto anak yang bersangkutan yang berwarna ukuran 2x3 sebanyak dua lembar," jelasnya.

Ia juga menegaskan, ketika anak memasuki usia 17 tahun, secara otomatis KIA tersebut akan menjadi KTP, sebab menurutnya, nomor yang tertera di KIA tidak akan berbeda dengan yang ada di KTP.

"Untuk pendaftaran bisa dilakukan di setiap kantor Disdukcapil kota/ kabupaten," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Mengenal KTP Anak, Syarat dan Tata Cara Mendapatkannya

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top