Senin, 16 Desember 2019 |
Olahraga - Sosok

Mengenal Emilia Guliva, Atlet Ski Air Cantik Dari DKI Jakarta

Senin, 07 Nov 2016 | 06:10 WIB Dibaca: 1279 Pengunjung

Emilia Guliva Hampp. (Foto: Liputan6)

[NEWSmedia] - Nama Emilia Guliva Hampp tentu masih asing terdengar di telinga. Ia adalah atlet ski air yang mengharumkan nama DKI Jakarta setelah merebut medali emas di ajang PON Jawa Barat 2016.

Kecintaan Emilia kepada ski air sudah dimulai sejak usia 6 tahun. Saat itu, ayahnya, Emil G Hampp mendapat informasi bahwa DKI Jakarta sedang mencari atlet junior berbakat.

Bagi Emilia, Ski air sendiri bukan olahraga yang mudah untuk dipelajari. Ia membutuhkan waktu lama untuk sekadar menjaga keseimbangan di atas papan seluncur.

“Awalnya tentu sangat sulit. Untuk berdiri di papan saja butuh waktu enam bulan. Pertama-tama saya dipasangkan dengan senior. Lalu, mencoba papan dua hingga dilepas menjadi satu papan,” kata Emilia dalam acara Corner6 Liputan6.com di SCTV Tower, Jakarta Selatan.

Setelah mulai mahir, wanita kelahiran 10 Juni 2000 itu mulai menguji kemampuan di ajang Pra PON Kalimantan Timur 2007. "Itu menjadi kejuaraan pertama saya. Usia saya waktu itu baru tujuh tahun,” ujarnya.

Namun setahun kemudian, Emilia berhasil menorehkan prestasi membanggakan. Ia mampu meraih medali emas pada Kejuaraan Pelajar 2008. Saat itu Emilia mampu mempersembahkan dua emas dan satu perak pada kejuaraan tersebut.

Pengalaman pahit juga pernah dirasakan Emilia. Ia tidak lolos di Pra PON Kaltim 2008, namun berkesempatan tampil di PON Riau 2012. Sayangnya, saat itu Emilia tidak mampu meraih medali karena hanya finis di urutan keempat pada nomor slalom putri.

Kegagalan itu pun dijadikan Emilia sebagai pengalaman untuk mengembangkan kemampuannya, sehingga pada Kejuaraan Kelompok Umur 2013 dan Malaysia Open Championship 2015, ia mampu meraih medali perunggu.

Sukses itu rupanya menambah kepercayaan diri bagi Emilia untuk meraih prestasi di PON Jawa Barat 2016. Saat inilah ia mampu mempersembahkan emas setelah mengalahkan atlet pelatnas yang juga peraih emas SEA Games 2015 Singapura, yakni Ummu Thoyibathu.

"Target awal saya sebenarnya hanya perunggu atau perak. Saya berkaca pada pencapaian saya ketika meraih perunggu di Pra PON Jabar 2016. Namun, saya malah mendapatkan emas,” tutur Emilia.

Saat ini, Emilia masih duduk di kelas 2 SMA Global Mandiri Cibubur. Menjalani statusnya sebagai pelajar dan atlet sempat membuat ia kewalahan, terutama dalam hal pembagian waktu.

“Sering kali saya ketinggalan pelajaran. Apalagi saat melakukan persiapan menuju PON 2016. Saya latihan setiap hari. Mulai dari Subuh berangkat ke Sunter, siangnya saya masuk sekolah,” ucapnya.

Berbagai momen pun telah dilewati Emilia setelah 10 tahun menggeluti dunia Ski Air. Mulai dari cedera di kepala hingga dihinggapi rasa jenuh. Jangan salah, Emilia sempat mogok latihan hingga dua bulan karena mencapai titik jenuhnya. Surat peringatan dari DKI Jakarta pun sempat diterimanya.

Namun, ayahnya lah yang kembali membangkitkan semangat Emilia. dan terus memberikan nasehat hingga akhirnya Emilia mau kembali berlatih dan berlaga.

Emilia yang menekuni fashion dance dan muay thai itu juga memiliki keinginan untuk menjadi artis. Kebetulan, ayahnya adalah seorang sutradara. Namun, Emilia justru tak mendapatkan izin dari ayahnya. "Papah lebih suka anaknya jadi seorang atlet. Dulu ia juga sempat jadi atlet softball,” ungkapnya.

Namun, kecintaan Emilia terhadap salah satu olahraga air tersebut kini sudah tidak bisa pudar. Ia bahkan mengajak orang-orang untuk tidak ragu jika ingin lebih dalam menggeluti ski air. "Syarat utamanya harus bisa berenang, tidak boleh takut. Awalnya memang keluar biaya, tapi kalau sudah bisa, biaya tak akan lagi jadi persoalan,” jelas Emilia. [lip]

Editor: Arif Darma
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Mengenal Emilia Guliva, Atlet Ski Air Cantik Dari DKI Jakarta
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top