Selasa, 11 Desember 2018 |
Kesehatan - News Gallery

Mengapa Luka Diabetes Sulit Sembuh?

Selasa, 06 Nov 2018 | 01:02 WIB Dibaca: 352 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Terdapat tiga tahapan pertahanan diri pada tubuh dalam mengobati luka. Pertama, luka meradang sebagai respon imun untuk menghindari infeksi. Kedua, sel-sel baru terbentuk di sekitar luka sebelum akhirnya jaringan parut terbentuk untuk menyembuhkannya.

Namun, jika Anda menderita diabetes, ketiga tahapan ini akan sulit untuk terbentuk. Apa penyebabnya, ya?

Pengaruh diabetes terhadap tubuh

Diabetes memengaruhi kurang-lebih 170 juta orang di dunia, dan jumlah tersebut diperkirakan bertambah dua kali lipat pada tahun 2030 kelak. Ketidakmampuan tubuh untuk menghasilkan atau menggunakan insulin dapat menyebabkan diabetes.

Tubuh membutuhkan insulin untuk mengubah glukosa menjadi energi. Sebab, tanpa insulin, tubuh akan sulit memetabolisme glukosa. Jika glukosa dalam tubuh berlebihan, memberi dampak terhadap kemampuan tubuh dalam menyembuhkan luka.

Penyebab luka diabetes sulit sembuh

Karena diabetes mempersulit kinerja tubuh untuk mengatur kadar gula dalam darah, ketika kadar gula dalam tubuh terlampau tinggi, diabetes mengganggu fungsi sel darah putih yang dapat melawan bakteria. Hal tersebut membuat tubuh kesulitan untuk mengalirkan nutrisi kepada luka. Hal ini yang menjadi penyebab luka diabetes sulit sembuh.

Jika kadar gula darah Anda lebih tinggi daripada yang seharusnya, hal tersebut dapat menghambat proses nutrien dan oksigen untuk memproduksi sel menjadi energi, mencegah sistem imun untuk bekerja secara efisien, dan meningkatkan peradangan dalam sel-sel tubuh.

Selain itu, jumlah sel imun yang dikirim untuk menyembuhkan luka dan kemampuan sel imun untuk menyembuhkannya berkurang. Hasilnya, luka diabetes sulit sembuh hingga bahkan tidak sembuh sama sekali.

Sel imun yang tidak berfungsi dengan baik dapat mengakibatkan tubuh sulit mengatasi bakteria penyebab infeksi. Tubuh dengan kadar gula tinggi rentan terserang infeksi. Komplikasi seperti gangren dan sepsis dapat terjadi jika infeksi pada tubuh tidak diatasi secepatnya dan dibiarkan menular ke bagian tubuh lain.

Selain itu, kerusakan pada saraf adalah penyebab lain sulitnya luka sembuh. Tingkat gula darah yang tak terkendali dapat merusak sistem saraf tubuh. Kerusakan tersebut menyebabkan mati rasa. Mati rasa karena gangguan sistem saraf atau neuropathy sering terjadi pada tangan dan kaki. Dampaknya, karena tidak ditangani dengan segera, luka dapat memburuk.

Meskipun luka bisa berada di titik mana pun di tubuh kita, kaki adalah salah satu titik cedera tubuh pada umumnya. Luka kecil pada kaki dapat dengan cepat merambat menjadi ulkus kaki diabetik.

Penderita diabetes lebih rentan terkena penyakit vaskular perifer, menyebabkan sirkulasi yang buruk. Penyakit tersebut dapat membuat pembuluh darah menyempit, mengakibatkan berkurangnya aliran darah ke tubuh.

Kadar gula tinggi pada tubuh menyebabkan gula lebih kental, sehingga darah lebih sulit mengalir ke seluruh tubuh. Jika diabetes tidak dikontrol secara rutin, sirkulasi dalam tubuh akan semakin memburuk, menyebabkan sel darah merah bekerja lebih lambat.

Pencegahan

Untuk mencegah terjadi luka dan membantu proses penyembuhan tubuh, Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini:

* Periksakan diri secara rutin. Lakukan pemeriksaan tubuh sendiri dan pastikan jika ada luka baru di tubuh Anda, terutama di kaki. Jika ada, segera konsultasikan dengan dokter. Jangan menunggu hingga luka memburuk atau menyebar.

* Bersihkan tubuh dengan teliti. Gunakan sabun dan air hangat untuk membasuh tubuh, lalu keringkan dengan benar, sebab tubuh yang terlalu lembapdapat mengakibatkan pertumbuhan jamur. Oleskan losion atau krim agar tubuh tidak kering, serta supaya telapak kaki tidak pecah-pecah.

* Ganti baju secara reguler untuk mencegah perkembangan bakteria dan mengatur kelembapan tubuh tetap normal.

*Hindari tekanan pada area luka.

Itu dia penyebab luka sulit sembuh dan penanganannya. Semoga membantu! [go-dok]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

LAINNYA

Awas Bahaya Mengintai dari Asap Vape
Minggu, 09 Des 2018 | 01:03 WIB
Awas Bahaya Mengintai dari Asap Vape
5 Trik Atasi Radang Kulit di Musim Hujan
Minggu, 09 Des 2018 | 00:03 WIB
5 Trik Atasi Radang Kulit di Musim Hujan

KOMENTAR

Mengapa Luka Diabetes Sulit Sembuh?

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top