Jumat, 22 September 2017 |
News Room - Hukum

Mengaku Bisa Gandakan Uang, Guru Ngaji di Tangerang Ditangkap Polisi

Rabu, 05 Apr 2017 | 12:07 WIB Dibaca: 521 Pengunjung

Kapolres Kota Tangerang, Kombes Asep Edi Suheri, saat konferensi pers, Selasa (4/4/2017).

TANGERANG, [NEWSmedia] - Diduga melakukan penipuan modus penggandaan uang, pimpinan sebuah kelompok pengajian di wilayah Perum Bukit Cikasungka Blok EF 10 Nomor 21 RT 006 RW 011, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, Diciduk Satuan Reskrim Polresta Tangerang

ASI (48) ditangkap setelah melakukan aksi penipuan uang senilai miliaran rupiah kepada ratusan jamaah yang menjadi pengikutnya. Bermodus membentuk kelompok pengajian, tersangka mewajibkan para jamaah menyerahkan uang titipan sebesar Rp500 ribu sampai Rp7 juta.

Tersangka berjanji, uang yang diserahkan oleh para jamaah ini akan berlipat ganda jumlahnya hingga mencapai satu miliar rupiah.

"Untuk meyakinkan para korban, tersangka memberikan daun kering yang dibungkus dalam karung, kardus dan amplop. Tersangka mengaku daun tersebut akan berubah menjadi uang senilai Rp1 miliar," kata Kapolres Kota Tangerang, Kombes Asep Edi Suheri, kepada media, Selasa (4/4/2017).

Selain menangkap tersangka, polisi juga mengamankan 12 unit kendaraan roda empat, 6 unit kendaraan roda dua, dan won mata Korea Utara, yang diduga merupakan hasil kejahatannya menipu para jamaahnya.

"Saat ini, sudah ada 21 orang yang menjadi korban penipuan tersangka. Tapi, mengingat jumlah jamaahnya mencapai ratusan orang tidak menutup kemungkinan masih ada korban-korban lain," ungkapnya.

Ia menambahkan, hingga saat ini polisi masih terus mendalami kasus penipuan dengan modus menggandakan uang. Sementara tersangka dan barang bukti sudah diamankan untuk penyelidikan lebih lanjut.

"Tersangka sudah kita amankan dan akan kita jerat dengan Pasal 378 tentang Penipuan dan atau Pasal 372 KUHPidana dan UU Nomor 8 tentang Pencucian Uang dengan ancaman hukuman 4 tahun maksimal 20 tahun penjara," tandasnya. [okz]

Penulis: Okz
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Mengaku Bisa Gandakan Uang, Guru Ngaji di Tangerang Ditangkap Polisi
Top