Kamis, 15 November 2018 |
News Room - Pendidikan - Pemerintahan

Mendikbud Akui Kekurangan Dalam Sistem PPDB Online

Rabu, 12 Jul 2017 | 17:02 WIB Dibaca: 720 Pengunjung

Mendikbud, Muhadjir Effendy.*

BOGOR, [NEWSmedia] -  Menteri Pendidikan Muhadjir Effendy menganggap pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2017 berjalan lancar. Namun dia mengakui memang ada kekurangan terutama dalam sistem online.

"PPDB ini pasti ada kekurangan, dan kekurangan ini akan dikumpulkan untuk evaluasi tahun depan," kata Menteri usai menghadiri peresmian SMKN 1 Leuwiliang di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Rabu, 12 Juli 2017.

Menteri menganggap wajar kekurangan atau kelemahan sistem baru itu yang belakangan banyak diprotes orang tua calon siswa karena baru diterapkan tahun ini. 

"Ini, kan, baru pertama kali PPDB dengan cara online," ujarnya berargumentasi.

Mengenai kebijakan zonasi dalam PPDB, ia menyebut itu sesungguhnya kebijakan daerah. Namun sekolah belum merata dengan sistem zonasi. 

"Sistem zonasi ini semangatnya agar anak yang tinggal di lokasi sekolah serta anak orang kurang mampu tetap bisa sekolah negeri. Dengan dekatnya letak sekolah dengan domisili siswa maka saya harap ongkos yang dikeluarkan oleh orang tua juga lebih murah," tambahnya.

Mengenai masih belum meratanya lokasi sekolah, Muhajjir Effendy berpendapat itu adalah tugas pemerintah provinsi, kabupaten maupun kota sebagai sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah pusat.

"Kami tak hanya ingin meratakan jumlah sekolahnya tapi juga kualitasnya dan setiap tahun anggaran untuk dunia pendidikan terus ditambah atau setidaknya diafirmasi agar dunia pendidikan ini semakin maju. Untuk masalah sarana prasarana sekolah untuk SD hingga SMP kami serahkan ke pemerintah kabupaten dan kota, sementara untuk SMA dan SMK kami serahkan tugas ini ke pemerintah provinsi," terangnya. [Red/**]

Penulis: Red/**
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

LAINNYA

46 Ribu Rumah di Lebak tak Layak Huni
Kamis, 15 Nov 2018 | 09:12 WIB
46 Ribu Rumah di Lebak tak Layak Huni
Komplotan Curanmor di Serang Diringkus Polisi
Selasa, 13 Nov 2018 | 18:06 WIB
Komplotan Curanmor di Serang Diringkus Polisi

KOMENTAR

Mendikbud Akui Kekurangan Dalam Sistem PPDB Online
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top