Sabtu, 16 Februari 2019 |
News Gallery - Tekno

Mendengarkan Musik Sembari Naik Motor, Ini Bahayanya

Kamis, 14 Feb 2019 | 13:28 WIB Dibaca: 139 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Untuk mengusir rasa bosan dan penat, biasanya pengendara motor memilih mendengarkan musik saat berkendara. Hal ini terbukti ampuh, meski ada risiko yang harus ditanggung.

Saat berkendara, seseorang harus menjaga fokusnya, demi keselamatan dirinya dan pemakai jalan lain. Ini artinya, mendengarkan musik saat berkendara sangat tidak disarankan. Mengingat, musik dapat mengurangi fungsi telinga sebagai alat dengar, sehingga riskan memecah fokus pengendara.

Ketika mengendarai motor di jalanan umum, ada banyak hal yang wajib kita dengar dan perhatikan. Kalau telinga sudah terisi suara secara penuh, maka suara lain tak bisa lagi ditangkap. Misalnya, suara klakson. Padahal, bisa jadi suara klakson yang dikeluarkan kendaraan lain adalah peringatan yang perlu diperhatikan.

Dalam artikel dari laman resmi Suzuki, Rabu 13 Februari 2019, dijelaskan bahwa suara yang tercipta dari musik bisa membawa seseorang ke dalam ruang imajinasi. Hal itu yang memicu mereka untuk sulit berkonsentrasi.

Hal itu diperparah, apabila musik yang dilantunkan beraliran keras atau memiliki tempo cepat. Pengendara secara tidak sadar, akan terbawa suasana dan memacu kendaraan bermotor mereka lebih kencang lagi.

Sementara, lagu yang memiliki tempo lambat juga sama bahayanya. Pengendara bisa terbuai dengan nada lambat yang didengarkan, sehingga bisa memicu kantuk. [viva]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Mendengarkan Musik Sembari Naik Motor, Ini Bahayanya

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top